Sistem penyesuaian durasi lampu lalu lintas berdasarkan kadar gas karbon monoksida / Rahadimas Sufi Samiaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem penyesuaian durasi lampu lalu lintas berdasarkan kadar gas karbon monoksida / Rahadimas Sufi Samiaji

Samiaji, Rahadimas Sufi (2022) Sistem penyesuaian durasi lampu lalu lintas berdasarkan kadar gas karbon monoksida / Rahadimas Sufi Samiaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lampu lalu lintas ialah salah satu unsur krusial berlalu lintas dan banyak tersebar di persimpangan. Masyarakat Indonesia umumnya mengenal lampu lalu lintas dengan susunan yang terdiri atas tiga warna dengan perintah berbeda yakni merah yang berarti berhenti kuning yang berarti bersiap-siap baik akan melaju atau akan berhenti dan hijau yang berarti berjalan. Ketiganya menyala bergantian sesuai aturan sedemikian rupa agar tercapai suasana berlalu lintas tertib dan aman. Setiap lampu yang menyala memiliki durasi yang telah diatur sebelumnya oleh yang berwenang seperti dinas perhubungan dan kepolisian. Pengaturan tersebut mempertimbangkan berbagai faktor yang disesuaikan situasi tertentu. Salah satu faktor yang harus diperhatikan ialah jumlah kendaraan mengingat jumlah kendaraan yang meningkat tajam seiring perkembangan masa maka bertambah pula polusi udara dari emisi gas buang kendaraan. Dari sekian banyak gas hasil buangan kendaraan bermotor salah satu yang kadarnya memiliki jumlah cukup tinggi ialah karbon monoksida. Perihal masalah tersebut datanglah suatu gagasan tentang pengendalian durasi lampu lalu lintas secara otomatis yang didasarkan oleh kadar gas karbon monoksida yang juga memiliki tujuan memberikan solusi untuk mempermudah kinerja pihak yang berwajib. Ide yang dimiliki ialah suatu bentuk sistem lampu lali lintas dimana pada bagian ruas jalan dari daerah yang ditempati oleh lampu-lampu tersebut dilengkapi dengan sensor pendeteksi gas karbon monoksida.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273300

Actions (login required)

View Item View Item