HUBUNGAN ANTARA LEARNING MOTIVATION DAN DESIGN THINKING SKILLS DENGAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMAN 1 BATU - Repositori Universitas Negeri Malang

HUBUNGAN ANTARA LEARNING MOTIVATION DAN DESIGN THINKING SKILLS DENGAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMAN 1 BATU

Istiqomah, Rahmawati (2022) HUBUNGAN ANTARA LEARNING MOTIVATION DAN DESIGN THINKING SKILLS DENGAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMAN 1 BATU. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini didasarkan pada pentingnya literasi lingkungan yang harus dimiliki siswa sebagai salah satu bentuk dari kecakapan abad ke-21. Kurangnya kemauan dan dorongan untuk mengetahui dan mempelajari masalah yang ada di lingkungan merupakan hal utama literasi lingkungan di kalangan siswa masih rendah. Selaras dengan isu global dan permasalahan lingkungan yang sering diperbincangkan. Perilaku dalam literasi lingkungan juga menjadi poin utama yang mencerminkan siswa dapat bertanggung jawab sebagai bentuk komitmen untuk mempertahankan kelestarian lingkungan. Diperlukan adanya dorongan belajar atau motivasi belajar (learning motivation) untuk mendukung hal tersebut. Learning motivation sebagai penggerak dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar dan terlibat dalam proses pembelajaran dengan menjamin kelangsungan dan memberikan arah dalam kegiatan belajar. Siswa yang memiliki learning motivation cenderung mampu mengikuti kegiatan belajar dengan baik, dan mengetahui arah tujuan belajar, sehingga siswa dapat menggali kemampuannya untuk memberikan ide dan gagasan serta memecahkan permasalahan dalam pada suatu fenomena. Ketika siswa mampu memberikan ide, gagasan, dan solusi perlu keterampilan dalam mendesain ide (design thinking skills), sehingga dapat merepresentasikan tujuan dari ide, gagasan, dan solusi. Keterampilan dalam mendesain ide (design thinking skills) dapat mengarahkan siswa untuk membuat solusi dari permasalahan secara tepat guna. Fokus dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) learning motivation siswa di SMAN 1 (2) design thinking skills siswa di SMAN 1 Batu, (3) literasi lingkungan siswa di SMAN 1 Batu (4) hubungan antara learning motivation dengan design thinking skills siswa di SMAN 1 Batu, (5) hubungan antara learning motivation dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 1 Batu, (6) hubungan antara design thinking skills dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 1 Batu, (7) hubungan antara learning motivation dan design thinking skills secara bersama-sama dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif metode survey research dan menggunakan rancangan korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMAN 1 Batu kelas XI peminatan MIPA dan IPS yang berjumlah 386 siswa. Berdasarkan perhitungan didapatkan besar sampel sebanyak 119 siswa yang terdiri dari kelas XI peminatan MIPA dua kelas dengan jumlah 72 siswa dan kelas XI peminatan IPS dua kelas dengan jumlah 47 siswa. Instrumen inventori untuk variabel learning motivation diadaptasi dari Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang; variabel design thinking skills diadaptasi dari Design Thinking Method Questionnaire; variabel literasi lingkungan diadopsi dari Middle School Environmental Literacy Survey (MSELS). Pengumpulan data dilakukan secara cross sectional. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat, korelasi ganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) learning motivation siswa SMAN 1 Batu tergolong dalam kategori menengah dengan nilai 77,84, Learning motivation menimbulkan kemauan dalam melaksanakan suatu kegiatan. Kemauan yang berasal dari dalam diri maupun kemauan yang berasal dari lingkungan. Kemauan yang berasal dari lingkungan dapat didukung melalui sekolah. (2) design thinking skills siswa SMAN 1 Batu tergolong dalam kategori menengah dengan nilai 73,39, Bahwa design thinking skills siswa dapat ditumbuhkan melalui penerapan model pembelajaran. Pembelajaran dan pengajaran membahas konten lintas-kurikuler melalui pengalaman belajar yang ketat, autentik, langsung, dan interaktif (3) literasi lingkungan siswa SMAN 1 Batu tergolong dalam kategori menengah dengan nilai 71,69, siswa peminatan MIPA lebih banyak mendapatkan materi mengenai lingkungan, dibandingkan siswa peminatan IPS. Integrasi mata pelajaran di SMAN 1 Batu terhadap materi lingkungan utamanya melalui mata pelajaran biologi dan budidaya. (4) terdapat hubungan antara learning motivation dan design thinking skills di SMAN 1 Batu dan didapatkan nilai korelasi 0,2 < 0,5, menunjukkan bahwa korelasi antara learning motivation dan design thinking skills tergolong rendah, Individu dengan orientasi belajar yang tinggi cenderung menerima tantangan dan kesulitan ketika berinovasi bertindak sebagai, sehingga dapat memicu perilaku inovasi secara berkelanjutan (5) tidak terdapat hubungan antara learning motivation dan literasi lingkungan di SMAN 1 Batu, literasi lingkungan bukan hanya berpatokan pada sikap dan karakter, tetapi juga bagaimana individu mampu memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku yang mumpuni agar memiliki literasi lingkungan yang baik (6) terdapat hubungan antara design thinking skills dan literasi lingkungan di SMAN 1 Batu dan didapatkan nilai korelasi sebesar 0,8 > 0,5, dikategorikan sangat kuat, pengetahuan dan pemahaman tentang masalah lingkungan, tanggung jawab terhadap lingkungan, kesadaran lingkungan masalah, motivasi terhadap lingkungan, moral dan etika tentang masalah lingkungan, keterlibatan sosial terkait lingkungan, niat bertindak menjaga lingkungan sangat dibutuhkan dalam literasi lingkungan (7) terdapat hubungan antara learning motivation dan design thnking skills secara bersama-sama dengan literasi lingkungan di SMAN 1 Batu dengan nilai korelasi 0,6 > 0,5 dikategorikan kuat, learning motivation sebagai suatu karakter atau sikap yang dimiliki setiap individu dan design thinking skills sebagai kompetensi yang ada dalam setiap individu, tentunya akan memberikan dorongan siswa untuk memiliki literasi lingkungan yang baik yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LEARNING MOTIVATION, DESIGN THINKING SKILLS, LITERASI LINGKUNGAN.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:37
Last Modified: 03 Apr 2023 01:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item