Sistem monitoring kelayakan air bersih Rumah tangga berbasis internet of things (iot) / Muhammad Tahfidlul Azmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem monitoring kelayakan air bersih Rumah tangga berbasis internet of things (iot) / Muhammad Tahfidlul Azmi

Azmi, Muhammad Tahfidlul (2022) Sistem monitoring kelayakan air bersih Rumah tangga berbasis internet of things (iot) / Muhammad Tahfidlul Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air bersih adalah air yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari yang mana kualitasnya memenuhi syarat-syarat kesehatan. Menurut statistik air bersih Jawa Timur Tahun 2019 bahan baku air bersih yang digunakan di Kota Malang adalah air sungai air tanah mata air air danau waduk dan lainnya. Air yang dipergunakan tidak selalu sesuai dengan syarat kesehatan karena sering ditemui air tersebut mengandung zat-zat tertentu yang dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu dalam penelitian ini akan dibuat sebuah sistem yang mana dapat menentukan kelayakan kualitas air bersih rumah tangga menggunakan fuzzy logic dengan metode Sugeno. Berdasarkan literatur yang ada fuzzy logic metode Sugeno ddapat memberikan keputusan yang lebih muda dipahami. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode tersebut untuk mengukur kualitas air. Terdapat 4 parameter yang digunakan dalam penelitian ini yaitu suhu pH kekeruhan dan TDS. Dimana mengambil 2 parameter yang digunakan dalam menentukan kualitas air yaitu pH dan TDS. Parameter-parameter yang digunakan mengacu pada standar yang telah ditetapkan Permenkes RI no. 32 Tahun 2017 tentang persyaratan kualitas air bersih. Sistem monitoring ini menggunakan ESP32 sebagai mikrokontroler yang terintegrasi pada aplikasi Blynk yang dapat memudahkan pengguna dalam memantau kualitas air. Dari hasil yang telah diuji sensor pH memiliki tingkat akurasi sebesar 2 48% dan sensor TDS memiliki tingkat akurasi sebesar 4 12%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sensor pH dan TDS dapat bekerja dengan baik. Dengan alat ini peneliti berharap sistem dapat memantau kelayakan kualitas air bersih rumah tangga dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273298

Actions (login required)

View Item View Item