Studi pengurangan harmonisa pada jaringan 150 KV Madura menggunakan filter pasif tipe LC / Stevanus Sendy Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengurangan harmonisa pada jaringan 150 KV Madura menggunakan filter pasif tipe LC / Stevanus Sendy Kurniawan

Kurniawan, Stevanus Sendy (2022) Studi pengurangan harmonisa pada jaringan 150 KV Madura menggunakan filter pasif tipe LC / Stevanus Sendy Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem tenaga listrik memiliki peranan yang penting dalam proses penyaluran energi listrik dan upaya menjaga kualitas daya listrik. Dalam pengoperasiannya kualitas daya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ialah distorsi harmonisa. Harmonisa dapat terjadi akibat adanya beban-beban non linier yang memiliki bentuk gelombang arus dan tegangan yang keluarannya tidak sebanding dengan gelombang masukannya. Tingginya distorsi harmonisa ini dapat berdampak pada kinerja dan juga kerusakan terhadap komponen sistem tenaga listrik seperti muncul arus pada kawat netral naiknya temperature konduktor losses pada trafo serta berkurangnya life time peralatan. Pada jaringan 150 KV Madura masih terdapat Total Harmonic Distortion (THD) yang melebihi dari standar IEEE sebesar 12%-17%. Maka dari itu dilakukan upaya untuk mereduksi distorsi harmonisa dengan menggunakan filter pasif. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis karakteristik harmonisa dan mendesain filter pasif tipe LC yang akan di implementasikan pada masing-masing bus dari sistem jaringan 150 KV Madura. Desain filter tersebut disimulasikan pada pemodelan sistem terhadap gangguan harmonisa yang terjadi menggunakan software ETAP Power Startion dengan beberapa skenario pemasangan filter pada bus. Kemudian dilakukan perbandingan nilai sebelum dan setelah pemasangan filter pasif tipe LC. Dari hasil penelitian diperoleh terjadi penurunan nilai Total Harmonic Distortion (THD) pada masing-masing bus setelah pemasangan filter pasif tipe LC dengan nilai yang telah memenuhi standar IEEE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273294

Actions (login required)

View Item View Item