Karakteristik campuran laston ac-bc dengan penambahan limbah ban dalam terhadap parameter marshall / Evani Nurul Achmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik campuran laston ac-bc dengan penambahan limbah ban dalam terhadap parameter marshall / Evani Nurul Achmad

Achmad, Evani Nurul (2022) Karakteristik campuran laston ac-bc dengan penambahan limbah ban dalam terhadap parameter marshall / Evani Nurul Achmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan pada perkerasan jalan dapat diakibatkan oleh mutu bahan yang digunakan tidak cukup baik untuk menyokong sesuai umur rencana. Untuk memperbaiki kualitas perkerasan jalan dapat dilakukan upaya preventif berupa penggunaan bahan tambah. Penambahan limbah ban dalam berbahan karet yang elastis dan tahan air diharapkan dapat memperbaiki kualitas perkerasan jalan dan menambah umur rencana. Lapis antara atau dengan sebutan AC-BC (Asphalt Concrete-Binder Course) adalah bagian laston yang diharuskan mempunyai tebal perkerasan dan kekuatan yang cukup agar dapat mengurangi tegangan-regangan beban lalu lintas yang akan diteruskan pada lapisan perkerasan di bawahnya. Penelitian ini mencari bagaimanakah karakteristik AC-BC yang ditambahkan limbah ban dalam terhadap parameter Marshall selain itu diteliti pula perihal karakteristik indeks kekuatan sisa menurut parameter Marshall. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik campuran AC-BC dengan penambahan serbuk limbah ban dalam terhadap parameter Marshall dan untuk mendeskripsikan nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada campuran AC-BC dengan penambahan serbuk limbah ban dalam terhadap parameter Marshall. Serbuk limbah ban dalam sebagai bahan tambah memungkinkan laston memiliki sifat yang lebih elastis dan tahan terhadap pengaruh air dan beban lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dengan pengujian kuat tekan Marshall yang dilakukan untuk menentukan KAO dari kadar aspal 5% 5 5% 6% 6 5% dan 7%. Benda uji selanjutnya diberikan bahan tambah berupa serbuk limbah ban dalam mesh 50 dan mesh 100 dalam kadar 0% 2% 4% 6% dan 8% secara terpisah melalui pencampuran pada aspal dengan metode basah. Sesudah ditemukan kadar serbuk limbah ban optimum maka pengujian terakhir dilakukan dengan uji kuat tekan Marshall untuk menentukan nilai IKS. Hasil yang didapatkan ialah nilai stabilitas pada ukuran serbuk yang lebih halus cenderung mengalami peningkatan dan serbuk dengan ukuran lebih besar cenderung mengalami penurunan seiring bertambahnya kadar serbuk ban. Nilai flow cenderung mengalami kenaikan pada kedua ukuran serbuk ban seiring bertambahnya kadar serbuk ban. Campuran dengan bahan tambah serbuk ban yang berukuran serbuk lebih halus memiliki nilai IKS 7 36% lebih tinggi dibandingkan campuran dengan bahan tambah serbuk ban berukuran kasar dan mempunyai kemampuan menahan reduksi kekuatan akibat perendaman lebih baik dibandingkan campuran dengan bahan tambah serbuk ban berukuran serbuk lebih kasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273285

Actions (login required)

View Item View Item