Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan kapal feri penyeberangan Ketapang–Gilimanuk pada masa pandemi covid-19 / Dyon Setio Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan kapal feri penyeberangan Ketapang–Gilimanuk pada masa pandemi covid-19 / Dyon Setio Utomo

Utomo, Dyon Setio (2022) Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan kapal feri penyeberangan Ketapang–Gilimanuk pada masa pandemi covid-19 / Dyon Setio Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selat Bali memisahkan pelabuhan Ketapang dan pelabuhan Gilimanuk menjadi pilihan penumpang untuk melintasi jalur darat dengan kapal feri. Maka dari itu penumpang mengharapkan layanan kapal feri yang lancar dan profesional. Karena adanya pandemi Covid-19 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pembatasan mobilisasi untuk menghambat penularan Covid-19. Dengan kondisi seperti ini perlu diketahui tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap tingkat pelayanan yang disediakan oleh kapal feri penyebrangan Ketapang ndash Gilimanuk pada masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian adalah (1) mendeskripsikan karakteristik pengguna kapal feri penyeberangan Ketapang ndash Gilimanuk pada masa pandemi Covid-19 dan (2) menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja pelayanan kapal feri penyeberangan Ketapang ndash Gilimanuk di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pengguna jasa pelayanan kapal feri penyeberangan Ketapang ndash Gilimanuk. Responden yang digunakan sebanyak 110 orang. Data yang digunakan adalah dari hasil kuesioner yang disebar kepada pengguna jasa kapal feri yang disusun berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan. Metode yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pengguna jasa kapal feri adalah metode IPA dan metode CSI. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik pengguna jasa kapal feri penyeberangan Ketapang ndash Gilimanuk pada masa pandemi Covid-19 mayoritas berjenis kelamin laki-laki 58% usia rentang 26 ndash 35 tahun sebesar 36% jenis pekerjaan terbanyak adalah wiraswasta dengan 26% pendapatan perbulan sebesar Rp1.500.000 00 ndash Rp3.000.000 00 dengan 28% dengan tujuan perjalanan belanja/berdagang sebesar 36% dan frekuensi perjalanan 4 ndash 6 kali dalam sebulan sebesar 32%. Dari metode IPA didapatkan nilai tingkat kesesuaian sebesar 83 86% yang berarti penumpang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Atribut-atribut yang perlu ditinjau ulang dan diperbaiki terdapat pada kuadran I yaitu tersedianya jaket keselamatan tersedianya sekoci tersedianya perlengkapan P3K tersedianya petugas keamanan tersedianya stiker informasi nomor pengaduan jika terjadi gangguan keamanan tersedianya toilet tersedia fasilitas kebersihan berupa tempat sampah dan tersedianya fasilitas sirkulasi udara seperti AC/kipas angin/ventilasi udara. Hasil dari metode CSI didapatkan nilai indeks sebesar 75 12% yang berarti bahwa secara keseluruhan pengguna jasa kapal feri merasa ldquo puas rdquo terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273283

Actions (login required)

View Item View Item