Model pemilihan moda antara angkutan online dan angkutan umum konvensional di Kota Malang / Yeni Maratus Solekah - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pemilihan moda antara angkutan online dan angkutan umum konvensional di Kota Malang / Yeni Maratus Solekah

Solekah, Yeni Maratus (2022) Model pemilihan moda antara angkutan online dan angkutan umum konvensional di Kota Malang / Yeni Maratus Solekah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemunculan transportasi online di kota Malang mengakibatkan angkutan mikrolet menjadi termajinalkan. Data jumlah driver angkutan online di kota Malang cukup tinggi yaitu mencapai sekitar 10.000 jiwa. Sedangkan jumlah driver angkutan mikrolet hanya sekitar 620 jiwa. Masyarakat cenderung memilih moda angkutan online karena dinilai lebih murah efektif dan efisien. Sedangkan masyarakat enggan memilih menggunakan angkutan mikrolet sebab perjalanannya terkenal lamban. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan karakteristik pengguna moda terhadap pemilihan moda angkutan di kota Malang. (2) Memodelkan pemilihan moda transportasi antara angkutan online dan angkutan umum konvensional di kota Malang. Lokasi penelitian di kota Malang. Waktu penelitian selama empat minggu pada hari efektif di bulan Agustus. Penentuan sampel menggunakan formula Slovin. Jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik sampling menggunakan purposive random sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi logistik biner. Data primer diperoleh melalui kuesioner. Data sekunder diperoleh melalui pengkajian literatur terkait. Hasil penelitian ini yaitu (1) Karakteristik pengguna moda di kota Malang dengan persentase terbesar adalah jenis kelamin perempuan usia gt 20 tahun tingkat pendidikan terakhir SMA/Sederajat-Perguruan Tinggi status pekerjaan sebagai pelajar pendapatan per bulan Rp 1.000.001 ndash Rp 2.000.000 memiliki SIM dan ge 2 unit kendaraan pribadi. Tujuan perjalanan mayoritas ke sekolah/kampus dengan maksud perjalanan lainnya. Aksesibilitas dominan yaitu tarif lt Rp 10.000 waktu tempuh gt 20 menit (pengguna angkutan mikrolet) dan le 20 menit (pengguna angkutan online) jarak tempuh le 5 km. Pemilihan moda paling dominan yaitu angkutan online merek maxim sedangkan angkutan mikrolet jalur AL. Mayoritas pengguna moda menilai angkutan mikrolet tidak mudah diakses dan tidak nyaman dalam hal pelayanan. Mayoritas memilih moda dengan alasan utama faktor biaya dan kenyamanan. (2) Model pemilihan moda yang diperoleh yaitu Uao-Uau - 3 558 - 0 973 (X1) 1 327 (X3) 1 082 (X4) 1 167 (X6) 1 226 (X8) 1 555 (X11). Variabel X1 (jenis kelamin) X3 (tingkat pendidikan terakhir) X4 (status pekerjaan) X6 (kepemilikan SIM) X8 (tujuan perjalanan) X11 (waktu tempuh). Classification Plot sebesar 77%. Probabilitas angkutan online sebesar 94%. Probabilitas angkutan mikrolet sebesar 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273279

Actions (login required)

View Item View Item