Pengendalian air limpasan dengan konsep ekodrainase kawasan Perumahan Podo Asih Kabupaen Pasuruan / Arifandy Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengendalian air limpasan dengan konsep ekodrainase kawasan Perumahan Podo Asih Kabupaen Pasuruan / Arifandy Setiawan

Setiawan, Arifandy (2022) Pengendalian air limpasan dengan konsep ekodrainase kawasan Perumahan Podo Asih Kabupaen Pasuruan / Arifandy Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perumahan Podo Asih merupakan kawasan tempat tinggal yang terletak di Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan perumahan yang terbilang padat penduduk ini masih sering terjadi banjir yang dapat mengganggu aktivitas warga perumahan salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan konsep ekodrainase pada kawasan perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi air limpasan pada kawasan Perumahan Podo Asih setelah diterapkan konsep ekodrainase. Ada tiga konsep yang diterapkan yaitu penampung air hujan sumur resapan dan lubang resapan biopori. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif terhadap kawasan Perumahan Podo Asih. Tahapan yang pertama adalah tahap persiapan yang terdiri dari identifikasi masalah studi literatur dan peralatan yang digunakan. Tahapan yang kedua adalah tahap pengumpulan data primer dan data sekunder Peneliti melakukan observasi dan pengukuran langsung ke lapangan melakukan uji lab serta mengumpulkan data hujan dilakukan pengujian di Perum Jasa Tirta untuk analisis kualitas air pada perencanaan pengumpul air hujan. Tahapan yang terakhir adalah analisis data dilakukan analisis hidrologi untuk mengetahui debit limpasan dan analisis hidraulika untuk mengetahui kapasitas saluran eksisting pada kawasan analisis tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa besar debit limpasan yang terjadi. Simulasi dengan bantuan software HEC-RAS sebagai kalibrasi analisis hidraulika. Dilakukan perhitungan dan pemodelan konsep ekodrainase untuk mengetahui reduksi air limpasan pada kawasan. Hasil Observasi terdapat tiga jenis drainase yang ada yaitu bentuk persegi 30/25 persegi 80/40 dan lingkaran (gorong-gorong) d 20. Hasil analisis dengan hujan periode ulang 2 tahun yaitu sebesar 1 311 m3/s menunjukkan bahwa terdapat 39 dari 118 saluran yang tidak dapat menampung debit air limpasan. Hasil simulasi konsep ekodrainase sebanyak 378 pengumpul air hujan 68 sumur resapan dan 289 lubang resapan biopori dapat mereduksi debit limpasan sebesar 1 2533387 m3/s dengan persentase reduksi sebesar 95 59% untuk periode ulang 2 tahun 77 06% untuk periode ulang 5 tahun dan 68 19% untuk periode ulang 10 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273277

Actions (login required)

View Item View Item