Aplikasi logika fuzzy mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi / Intan Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi logika fuzzy mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi / Intan Ambarwati

Ambarwati, Intan (2023) Aplikasi logika fuzzy mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi / Intan Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu adalah kesesuaian atau terpenuhinya suatu syarat yang telah ditentukan. Pengendalian mutu pada pelaksanaan proyek konstruksi merupakan suatu usaha untuk menentukan standar hasil yang sesuai dengan perencanaan. Optimasi adalah tindakan meningkatkan atau mengoptimalkan. Optimasi mutu dapat dilakukan untuk mencapai keberhasilan mutu pelaksanaan proyek konstruksi. Untuk mengetahui tingkat optimasi mutu pada penelitian terdahulu masih memiliki kekurangan yaitu perhitungan yang rumit maka digunakan metode baru aplikasi logika fuzzy Mamdani dengan bentuk susunan MISO (4 multiple input yaitu Quality Planning Quality Assurance Quality Control Quality Improvement dan single output yaitu optimasi mutu). Tujuan Penelitian (1) Mendeskripsikan variabel input dan output logika fuzzy Mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi (2) Menyusun himpunan fuzzy Mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi (3) Menghitung secara manual aplikasi logika fuzzy Mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi (4) Menghitung secara komputasi aplikasi logika fuzzy Mamdani untuk optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi (5) Mengetahui validitas hasil optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi secara manual dan komputasi antara data empiris dan output fuzzy Mamdani (6) Mengetahui hasil simulasi optimasi mutu pelaksanaan proyek konstruksi dengan aplikasi fuzzy Mamdani menggunakan software MATLAB versi R2020a tahun 2020. Tahapan yang perlu dilakukan yaitu (1) Studi literatur (2) Menentukan hipotesis (3) Pengumpulan data empiris dari penelitian terdahulu (4) Penentuan variabel input dan output aplikasi logika fuzzy Mamdani (5) Menyusun himpunan fuzzy Mamdani (6) Perhitungan cara manual dan komputasi (7) Uji validasi variabel output dengan membandingkan hasil perhitungan manual dan komputasi uji linier uji beda rerata dan (9) Uji simulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Output cara manual dan komputasi memiliki hasil yang hampir sama yaitu 62 8% dan 64 8% (2) Uji linieritas diperoleh nilai R2 sebesar 0 98 (tingkat kecocokan tinggi antara hasil output logika fuzzy Mamdani dengan data empiris) (3) Uji normalitas Shapiro Wilk untuk data empiris diperoleh nilai sig. 0 132 dan hasil logika fuzzy Mamdani diperoleh nilai sig. 0 082 artinya kedua data berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh nilai sig 0 450 artinya variansi dari data empiris dan hasil output logika fuzzy Mamdani adalah sama (homogen). Hasil data uji beda rerata T-test diperoleh nilai sig. 0 812 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara data empiris dan hasil output logika fuzzy Mamdani. Berdasarkan 3 cara validasi tersebut maka aplikasi logika fuzzy Mamdani valid dan dapat digunakan untuk simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273270

Actions (login required)

View Item View Item