Analisis kinerja simpang apill Jalan Bendungan Sutami – Jalan Veteran – Jalan Raya Sumbersari – Jalan Sigura-Gura Lowokwaru Kota Malang / Haidir Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja simpang apill Jalan Bendungan Sutami – Jalan Veteran – Jalan Raya Sumbersari – Jalan Sigura-Gura Lowokwaru Kota Malang / Haidir Akbar

Akbar, Haidir (2022) Analisis kinerja simpang apill Jalan Bendungan Sutami – Jalan Veteran – Jalan Raya Sumbersari – Jalan Sigura-Gura Lowokwaru Kota Malang / Haidir Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan simpang APILL erat kaitannya dengan tingginya arus lalu lintas kendaraan sehingga lebih banyak dijumpai di wilayah perkotaan tak terkecuali Kota Malang. Seringnya terjadi kemacetan yang mengakibatkan tertundanya waktu perjalanan menimbulkan dugaan simpang Jalan Bendungan Sutami ndash Jalan Veteran ndash Jalan Raya Sumbersari ndash Jalan Sigura-Gura Lowokwaru Kota Malang tidak memenuhi ketentuan kondisi ideal simpang. Tujuan dilakukan penelitian untuk (1) mendeskripsikan kinerja simpang kondisi eksisting (2) mendeskripsikan kinerja simpang 5 tahun yang akan datang dan (3) mendeskripsikan alternatif solusi peningkatan kinerja simpang 5 tahun yang akan datang. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan memaparkan suatu fenomena lalu lintas simpang dalam bentuk perhitungan numerik. Adapun instrumen penelitian berupa observasi dengan pengamatan langsung di lapangan oleh surveyor pengisian formulir kerja dan dokumentasi kondisi lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi eksisting simpang tidak memenuhi kondisi ideal simpang dengan nilai derajat kejenuhan (Dj) tertinggi 1 18 dan tundaan rata-rata seluruh simpang (T) tertinggi mencapai LOS F saat hari kerja jam puncak sore (2) kondisi 5 tahun yang akan datang tidak memenuhi kondisi ideal simpang dengan Dj tertinggi 1 34 dan T tertinggi mencapai LOS F saat hari kerja jam puncak sore (3) alternatif solusi yang direkomendasikan mampu meningkatkan kinerja simpang dengan diperbolehkan pergerakan belok kiri jalan terus penambahan 1 lajur untuk pergerakan belok kiri jalan terus selebar 3 m panjang lajur perlambatan 20 m panjang lajur pergeseran 25 m pada tiap pendekat dan penambahan durasi waktu isyarat hijau sebesar 5 detik untuk Jalan Sigura-Gura. Dengan solusi tersebut Dj tertinggi 0 94 dan T tertinggi berada di LOS E saat hari kerja jam puncak sore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 13 Mar 2024 02:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273269

Actions (login required)

View Item View Item