Analisis kinerja ruas Jalan Zaenal Zakse Kota Malang akibat adanya hambatan samping / David Fajar Fadhlullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja ruas Jalan Zaenal Zakse Kota Malang akibat adanya hambatan samping / David Fajar Fadhlullah

Fadhlullah, David Fajar (2022) Analisis kinerja ruas Jalan Zaenal Zakse Kota Malang akibat adanya hambatan samping / David Fajar Fadhlullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan kemacetan lalu lintas disebabkan oleh peningkatan kepemilikan kendaraan yang tidak diimbangi dengan pertambahan prasarana jalan serta adanya hambatan berupa aktivitas samping jalan yang menyebabkan kapasitas efektif ruas jalan menjadi lebih kecil dari yang ada. Adanya aktivitas sosial dan ekonomi yang sering terjadi yaitu adanya parkir di badan jalan yang mana terdapat pertokoan yang tidak memberi fasilitas tempat parkir aktivitas berdagang di badan jalan aktivitas naik turun penumpang oleh sarana angkutan umum di sembarang tempat serta aktivitas orang-orang yang berlalu lalang untuk berjalan atau menyeberang yang mana menyebabkan penurunan kinerja jalan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja ruas jalan pada saat ini (2) memberikan alternatif penanganan masalah lalu lintas (3) memprediksi kinerja jalan untuk lima tahun yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi berupa survei lapangan dengan rincian survei geometrik jalan survei volume lalu lintas survei kecepatan dan survei hambatan samping. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan pedoman MKJI 1997 dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja ruas jalan yaitu tingkat pelayanan jalan berdasarkan derajat kejenuhan yaitu rata-rata B dengan nilai DS rata-rata 0 32 dan tingkat pelayanan tertinggi yaitu F dengan nilai DS mencapai 2 10. (2) Alternatif yangdigunakan untuk menangani masalah lalu lintas yaitu dengan adanya penerapan jalan tanpa hambatan samping derajat kejenuhan yang semula 2 10 menjadi 0 37 dengan tingkat pelayanan jalan B. (3) Prediksi kinerja jalan pada lima tahun ke depan tingkat pelayanan jalan sebelum diberlakukan alternatif penanganan masalah yaitu berada di C dengan nilai DS sebesar 0 50. Setelah diberlakukan alternatif penanganan masalah tingkat pelayanan jalan diprediksi pada lima tahun ke depan berada di C dengan nilai DS sebesar 0 46.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273268

Actions (login required)

View Item View Item