Pemetaan jaringan irigasi berbasis sistem informasi geografis pada daerah irigasi gondanglegi / Muhammad Rosim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan jaringan irigasi berbasis sistem informasi geografis pada daerah irigasi gondanglegi / Muhammad Rosim

Rosim, Muhammad Rosim (2022) Pemetaan jaringan irigasi berbasis sistem informasi geografis pada daerah irigasi gondanglegi / Muhammad Rosim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ldquo Panca Usaha Tani rdquo merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian. Dalam hal tersebut terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu salah satunya pemberian air yang cukup. Guna memperoleh ketersediaan irigasi yang cukup diperlukan sarana maupun prasarana penunjang seperti jaringan irigasi. Dalam pengelolaan sistem jaringan irigasi diperlukan kegiatan Operasi dan Pemeliharaan (O amp P) agar jaringan irigasi tersebut berfungsi dengan baik. Sampai saat ini DI Gondanglegi belum mempunyai peta jaringan berbasis SIG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inventarisasi jaringan irigasi di DI Gondanglegi dan menggambarkan peta jaringan irigasi di DI Gondanglegi. Kategori penelitian yang digunakan adalah penelitian survei untuk memetakan jaringan irigasi berbasis sistem informasi geografis pada wilayah daerah irigasi Gondanglegi. Tahapan penelitian ini antara lain studi literatur terkait permasalahan pengumpulan data dan dilanjutkan dengan analisis data. Output dari analisis berupa peta inventariasi jaringan irigasi sekunder daerah irigasi Gondanglegi berbasis sistem informasi geografis atau dalam hal ini aplikasi yang digunakan ialah ArcGIS 10.3. Hasil dari analisis ini yaitu indeks kondisi saluran rata-rata pada DI Gondanglegi sebesar 0 82 dan memiliki fungsi saluran rata-rata 80.47% sedangkan indeks kondisi bangunan rata-rata sebesar 1 22 serta memiliki fungsi bangunan rata rata sebesar 70 43%. Rata-rata indeks saluran dan bangunan pada DI Gondanglegi adalah sebesar 1 02 dengan fungsi rerata saluran dan bangunan sebesar 75 45%. Nilai tersebut termasuk dalam cakupan nilai 75-100% dan termasuk dalam kategori kinerja baik. Penggunaan software ArcGIS 10.3 ini dapat membantu dalam menampilkan wilayah lokasi kondisi dan informasi dengan cepat. Data yang ditampilkan pada peta berupa kondisi bangunan sadap bangunan bagi gorong gorong tangga cuci dan saluran. Sedangkan kondisi bangunan maupun saluran yang ditampilkan berupa pemeliharaan rutin pemeliharaan berkala dan rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273267

Actions (login required)

View Item View Item