Analisis tingkat kepuasan kinerja pelayanan pada teminal baru bandara internasional syamsudin noor banjarmasin / Muhammad Gilang Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kepuasan kinerja pelayanan pada teminal baru bandara internasional syamsudin noor banjarmasin / Muhammad Gilang Ramadhan

Ramadhan, Muhammad Gilang Ramadhan (2022) Analisis tingkat kepuasan kinerja pelayanan pada teminal baru bandara internasional syamsudin noor banjarmasin / Muhammad Gilang Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhan M. Gilang. 2022. Analisis Tingkat Kepuasan Kinerja Pelayanan Pada Terminal Baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci kinerja kepuasan pelayanan terminal bandara IPA CSI Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin terletak di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Bandara ini memiliki terminal baru yang diresmikan pada 10 Desember 2019. Maret 2020 pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia sehingga penerbangan antar daerah ditutup. Penutupan tersebut hanya berlaku sebentar saja penerbangan antar daerah kembali dibuka tetapi adanya persyaratan yang diberlakukan. Seiring waktu peningkatan penumpang mulai terjadi permasalahan mulai dirasakan seperti pelayanan pemeriksaan penumpang yang lambat antrian pada counter check-in dan fasilitas yang kurang memuaskan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik penumpang pesawat di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin dan mendeskripsikan tingkat kepuasan kinerja pelayanan pada terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Penelitian memiliki dua data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diawali dengan menyusun butir intrumen kemudian dilakukan uji coba instrumen ke sampel dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas apabila memenuhi instrumen dapat digunakan dan dapat dibagikan. sedangkan data sekunder berasal dari jumlah penumpang sarana prasarana bandara. Dari data-data tersebut dilakukan pengolahan data menggunakan metode IPA dan CSI sehingga didapatkan hasil untuk kemudian dibahas. Dari pengolahan data didapatkan hasil karakteristik responden yaitu penumpang laki-laki sebesar 56 7% usia penumpang didominasi umur 17-25 tahun 26-36 tahun sebesar 26 8% pendidikan terakhir penumpang didominasi kuliah sebesar 56 7% jenis pekerjaan didominasi oleh wiraswasta sebesar 22 7% maksud penerbangan didominasi oleh wisata sebesar 38 14% pendapatan perbulan penumpang didominasi pendapatan Rp 3.000.000-Rp 4.500.000 sebesar 43 29% dan frekuensi penerbangan penumpang dalam satu tahun terakhir didominasi sangat jarang (1-3 kali) sebesar 77 32%. Kemudian dari metode IPA didapatkan 9 atribut dari kuadran I yang perlu perhatian khusus untuk perbaikan dan peningkatan. Sedangkan dari metode CSI didapatkan nilai 0 88 yang masuk dalam kriteria sangat puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273265

Actions (login required)

View Item View Item