Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada lapis ac-wc ditinjau dari parameter marshall / Dimas Hudan Nur Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada lapis ac-wc ditinjau dari parameter marshall / Dimas Hudan Nur Arif

Arif, Dimas Hudan Nur Arif (2022) Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada lapis ac-wc ditinjau dari parameter marshall / Dimas Hudan Nur Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arif Dimas Hudan Nur. 2022. Analisis Penggunaan Lateks dan Serbuk Ban Bekas sebagai Campuran Aspal Ditinjau dari Parameter Marshall. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Ir. Hendri Siswanto MT (II). Drs. H. Bambang Supriyanto ST MT. Kata Kunci Lateks Serbuk Ban Bekas Marshall. Kerusakan jalan menjadi permasalahan yang sering terjadi dalam dunia tranportasi khususnya pada permukaan jalan atau lapis AC-WC. Kerusakan jalan dapat diatasi salah satunya dengan alternatif penggunaan bahan tambah pada campuran aspal. Bahan tambah campuran aspal yang digunakan serbuk ban bekas tetapi serbuk ban bekas memiliki kekurangan pada nilai stabilitas sehingga dibutuhkan campuran bahan lain yaitu lateks. Diharapkan campuran aspal dengan kombinasi penambahan serbuk ban bekas dan lateks dapat meningkatkan kinerja dari campuran aspal AC-WC. Tujuan penelitian yaitu 1). Mendeskripsikan karakteristik lapis AC-WC ditinjau dari parameter Marshall dengan bahan serbuk ban bekas dan lateks ditinjau dari parameter Marshall. 2). Mendeskripsikan karakteristik Marshall AC-WC ditinjau dari parameter Marshall dengan kombinasi bahan tambah serbuk ban bekas dan lateks. Data penelitian didapatkan nilai parameter Marshall. Metode pencampuran serbuk ban bekas menggunakan metode basah dengan ukuran fraksi lolos saringan no. 30 dan tertahan saringan no. 50 dan pencampuran lateks menggunakan metode basah dengan Kadar Karet Kering 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).karakteristik campuran aspal AC-WC dengan penambahan serbuk ban bekas yang ditinjau dari parameter Marshall mengalami kenaikan pada nilai Flow VIM dan VMA sedangkan nilai Stabilitas MQ dan VFA semakin turun seiring dengan penambahan serbuk ban bekas. 2). karakteristik campuran aspal AC-WC dengan penambahan lateks semakin naik pada nilai stabilitas MQ dan VFA sedangkan Nilai Flow VIM dan VMA semakin turun. 3). Karakteristik campuran aspal AC-WC dengan kombinasi penambahan lateks 3% semakin naik pada nilai stabilitas MQ VIM dan VMA sedangkan nilai flow dan VFA semakin turun seiring dengan penambahan serbuk ban bekas. 4). Karakteristik campuran aspal dengan kombinasi penambahan lateks 6% semakin naik pada nilai stabilitas flow MQ VIM dan VMA sedangkan VFA semakin turun seiring dengan penambahan serbuk ban bekas. 6). Karakteristik campuran aspal dengan kombinasi bahan tambah lateks 9% semakin naik pada nilai stabilitas flow VIM dan VMA sedangkan nilai MQ dan VFA semakin turun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273263

Actions (login required)

View Item View Item