Analisis kecelakaan lalu lintas di ruas Jalan Raden Panji Suroso hingga Jalan Kolonel Sugiono STA 83+000 - 93+000 Kota Malang / Amelia Tunjungsari Fahrizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kecelakaan lalu lintas di ruas Jalan Raden Panji Suroso hingga Jalan Kolonel Sugiono STA 83+000 - 93+000 Kota Malang / Amelia Tunjungsari Fahrizah

Fahrizah, Amelia Tunjungsari (2022) Analisis kecelakaan lalu lintas di ruas Jalan Raden Panji Suroso hingga Jalan Kolonel Sugiono STA 83+000 - 93+000 Kota Malang / Amelia Tunjungsari Fahrizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang tidak direncanakan dan menimbulkan kerugian. Kecelakaan lalu lintas dapat melibatkan kendaraan bermotor maupun tidak bermotor yang disebabkan faktor pendukungnya. Dalam mengatasi permasalahan kecelakaan perlu adanya kajian agar dapat menekan angka kecelakaan pada suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kondisi kecelakaan lalu lintas dan menentukan daerah rawan kecelakaan (blacksite dan blackspot) pada ruas Jl. Raden Panji Suroso hingga Jl. Kolonel Sugiono STA 83 000 ndash 93 000 Kota Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis blacksite dengan metode statik kendali mutu Upper Control Limit (UCL) dan analisis blackspot dengan metode Cumulative Summary (cusum). Data yang dibutuhkan yaitu volume kendaraan dan data kecelakaan yang didapatkan dari Polresta Malang Kota. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keparahan yaitu luka ringan (LR) dengan persentase tertinggi sebesar 53% jenis kelamin korban kecelakaan dialami oleh pria dengan persentase tertinggi sebesar 73% umur pengendara terjadi pada umur gt 51 tahun dengan persentase tertinggi sebesar 30% jenis kendaraan yaitu sepeda motor dengan persentase tertinggi sebesar 64% bentuk tabrakan didominasi oleh tabrakan SS (sideswipe) dengan persentase tertinggi sebesar 31% waktu kejadian terjadi pada akhir pekan (weekend) yaitu hari Sabtu dengan persentase tertinggi sebesar 20% dan terjadi pada pagi hari (06.00-12.00) dengan persentase tertinggi sebesar 30% dan faktor penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia dengan persentase tertinggi sebesar 98%. Dalam analisis UCL didapatkan dua lokasi rawan kecelakaan yaitu STA 4 000 ndash 5 000 dan STA 9 000 ndash 10 000. Sedangkan dalam analisis cusum disimpulkan bahwa pada STA 9 000 ndash 10 000 teridentifikasi sebagai titik rawan kecelakaan (blackspot).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273260

Actions (login required)

View Item View Item