Analisis kinerja ruas jalan pada Jalan Mayjen Sungkono STA 3+000 - sta 4+000 Kota Malang / Wildani Yusfi Azizi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja ruas jalan pada Jalan Mayjen Sungkono STA 3+000 - sta 4+000 Kota Malang / Wildani Yusfi Azizi

Azizi, Wildani Yusfi (2022) Analisis kinerja ruas jalan pada Jalan Mayjen Sungkono STA 3+000 - sta 4+000 Kota Malang / Wildani Yusfi Azizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan Mayjen Sungkono STA 3 000 ndash STA 4 000 Kota Malang mengalami permasalahan kemacetan. Kemacetan disebabkan oleh bertambahnya volume lalu lintas sebagai akibat adanya exit tol Madyopuro. Kemacetan juga disebabkan oleh kapasitas jalan yang tidak cukup besar. Kemacetan berakibat waktu perjalanan bertambah sehingga penggunaan bahan bakar juga bertambah. Sehubungan dengan kemacetan yang terjadi penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik arus lalu lintas mendeskripsikan kinerja jalan memperkirakan kinerja jalan 5 tahun mendatang dan menentukan alternatif peningkatan kinerja jalan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian ini diawali tahapan identifikasi masalah dan studi literatur yang dilanjutkan dengan tahapan pengumpulan data. Tahapan selanjutnya dari rancangan penelitian ini yakni analisis data yang meliputi pendeskripsian karakteristik arus lalu lintas pendeskripsian kinerja jalan prediksi kinerja jalan 5 tahun mendatang dan penentuan alternatif peningkatan kinerja jalan. Seluruh tahapan analisis data dilakukan dengan microsoft excel dan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil penelitian mendapatkan temuan bahwa (1) Karakteristik arus lalu lintas pada Jalan Mayjen Sungkono STA 3 000 ndash 4 000 mempunyai volume lalu lintas tertinggi 2491 60 smp/jam yang didominasi oleh sepeda motor dengan persentase 74 89% kecepatan tertinggi 38 97 km/jam dengan kepadatan tertinggi 78 08 smp/km. (2) Kinerja jalan tertinggi berada di rentang tingkat pelayanan D hingga E. Pada tingkat pelayanan E terjadi volume lalu lintas tidak stabil volume lalu lintas nilainya hampir sama dengan kapasitas dan sering terjadi kemacetan. (3) Kinerja jalan 5 tahun mendatang tertinggi berada di tingkat pelayanan F. Pada tingkat pelayanan F terjadi volume lalu lintas rendah dengan kecepatan yang rendah pula dan sering terjadi kemacetan. (4) Alternatif peningkatan kinerja jalan berupa perbesaran kapasitas jalan dilakukan dengan merubah tipe jalan menjadi empat lajur dua arah tak terbagi (4/2 UD) lebar tiap lajur 3 m sehingga didapat kinerja jalan 5 tahun mendatang untuk volume lalu lintas rata-rata dan volume lalu lintas tertinggi berada di tingkat pelayanan C. Sedangkan alternatif peningkatan kinerja jalan berupa pemanfaatan jalan alternatif di sekitar Jalan Mayjen Sungkono STA 3 000 ndash STA 4 000 dapat mengurangi volume lalu lintas sepeda motor 15% ndash 25% menghasilkan kinerja jalan 5 tahun mendatang untuk volume lalu lintas rata-rata berada di rentang tingkat pelayanan D hingga E dan untuk volume lalu lintas tertinggi berada di rentang tingkat pelayanan E hingga F.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 18 Mar 2024 04:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273257

Actions (login required)

View Item View Item