Analisis kinerja ruas Jalan M. T. Haryono Kota Malang / Welly Sembiring - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja ruas Jalan M. T. Haryono Kota Malang / Welly Sembiring

Sembiring, Welly (2022) Analisis kinerja ruas Jalan M. T. Haryono Kota Malang / Welly Sembiring. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja jalan merupakan metode untuk mengetahui kondisi suatu ruas jalan dan ditinjau dari derajat kejenuhan yang didapat dari arus lalu lintas dibagi dengan kapasitas jalan. Pertumbuhan lalu lintas tanpa diimbangi dengan prasarana jalan yang baik akan menyebabkan permasalahan lalu lintas salah satunya yaitu kemacetan. Kemacetan terjadi akibat arus lalu lintas yang melintasi ruas jalan sudah mendekati kapasitas jalan. Dari hal tersebut pentingnya menganalisa kinerja suatu ruas jalan guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik lalu lintas di Ruas Jalan M.T. Haryono ditinjau dari volume kecepatan dan kepadatan. (2) mendeskripsikan kinerja jalan pada tahun ini dan 5 tahun mendatang (3) mendapatkan solusi alternatif untuk peningkatan tingkat pelayanan jalan. Metode penelitian yang dilakukan dengan identifikasi masalah kemudian dilakukan survey lalu lintas untuk mendapatkan data primer yang meliputi geometri jalan volume kendaran kecepatan dan hambatan samping. Analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2014) yang dibantu dengan software Microsoft Excell. Hasil penelitian (1) Karakteristik lalu lintas Ruas Jalan M.T. Haryono volume tertingi terjadi di titik pengamatan A didominasi sepeda motor 50% kendaraan ringan 49% dan 1% kendaran berat dengan volume kendaraan 4915 50 skr/jam dengan kecepatan tertinggi mencapai 41 65 km/jam yang terjadi pada hari Minggu. Kepadatan tertinggi 220 18 skr/km terjadi di hari Minggu. (2) Kinerja Ruas Jalan M.T. Haryono tingkat pelayanan tahun ini titik pengamatan A dan B pada jam puncak berada pada rentang C-D kondisi arus stabil tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan sedangkan pada kelas D arus mendekati stabil kecepatan masih dapat dikendalikan V. Sedangkan kinerja 5 tahun mendatang pada rentang C-E arus tidak stabil kecepatan terkadang terhenti arus lalu lintas sudah mendekati kapasitas. (3) Alternatif tanpa hambatan samping menaikkan kinerja jalan dengan nilai derajat kejenuhan tertinggi dari 0 83 menjadi 0 77 dan alternatif pelebaran jalan dengan optimalisasi lajur dan penambahan lajur nilai derajat kejenuhan 5 tahun mendatang pada jam puncak tertinggi dari 0 94 menjadi 0 63 tingkat pelayanan pada kelas C kondisi arus stabil tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273249

Actions (login required)

View Item View Item