Analisis penerapan kriteria green building pada aspek konservasi energi dan konservasi air di SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Tavina Nilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan kriteria green building pada aspek konservasi energi dan konservasi air di SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Tavina Nilawati

Nilawati, Tavina (2023) Analisis penerapan kriteria green building pada aspek konservasi energi dan konservasi air di SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Tavina Nilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berita kerusakan lingkungan di Indonesia masih terus ada salah satu penyebabnya adalah kegiatan konstruksi. Mengetahui hal tersebut GBCI menciptakan kriteria green building sebagai upaya menjaga stabilitas lingkungan. Hal-hal bertema ramah lingkungan semakin menyebar hingga ke ranah pendidikan yaitu dengan adanya sekolah adiwiyata yang dikemas oleh pemerintah dalam program PBLHS. Dalam rangka berpartisipasi dalam pencegahan dan membantu mengurangi kerusakan lingkungan dirasa perlu dilakukan penelitian penerapan green building di sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu SD Negeri Bareng 3 yang dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri tahun 2021. Aspek penilaian green building yang digunakan dalam penelitian ini merupakan aspek yang relevan antara green building dan program PBLHS yaitu konservasi energi dan konservasi air. Kriteria penilaian dari kedua aspek tersebut berpedoman pada GREENSHIP Existing Building Version 1.1 oleh GBCI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui berapa persentase penerapan konservasi energi di SD Negeri Bareng 3 berdasarkan GREENSHIP Existing Building Version 1.1. (2) mengetahui berapa persentase penerapan konservasi air di SD Negeri Bareng berdasarkan GREENSHIP Existing Building Version 1.1. (3) merekomendasikan hal yang dapat dilakukan SD Negeri Bareng 3 untuk meningkatkan penerapan green building sesuai aspek yang dikaji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini (1) SD Negeri Bareng 3 memperoleh persentase penerapan konservasi energi sebesar 52 78% (19 poin memenuhi dari 36 poin maksimal). (2) SD Negeri Bareng 3 memperoleh persentase penerapan konservasi air sebesar 15% (3 poin memenuhi dari 20 poin maksimal). (3) merekomendasikan untuk membuat surat pernyataan yang memuat komitmen berupa SOP hemat energi dan air membuat display energi menggunakan energi alternatif melakukan uji laboratorium terhadap kualitas air memiliki sistem daur ulang air dan menggunakan kran auto stop. Beberapa rekomendasi yang disebutkan diharapkan mampu meningkatkan penerapan aspek konservasi energi dan konservasi air di SD Negeri Bareng 3 guna berpartisipasi dalam pencegahan kerusakan lingkungan dan ikut serta membantu mengurangi potensi kerusakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273246

Actions (login required)

View Item View Item