Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pesawat terbang terhadap kinerja pelayanan bandar udara apt pranoto, kota samarinda / Fabian Zaky Geraldy Hasibuan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pesawat terbang terhadap kinerja pelayanan bandar udara apt pranoto, kota samarinda / Fabian Zaky Geraldy Hasibuan

Hasibuan, Fabian Zaky Geraldy Hasibuan (2023) Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa pesawat terbang terhadap kinerja pelayanan bandar udara apt pranoto, kota samarinda / Fabian Zaky Geraldy Hasibuan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bandar udara adalah fasilitas yang digunakan sebagai tempat pesawat memuat dan menurunkan penumpang yang dilengkapi dengan fasilitas pokok dan penunjang lainnya. Sebagai prasarana transportasi udara yang kerap digunakan bandar udara harus mempunyai tingkat pelayanan dan fasilitas yang mumpuni agar terciptanya keadaan nyaman dan aman untuk penguna jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik pengguna jasa pelayanan Bandar Udara APT Pranoto Kota Samarinda. (2) Untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan Bandar Udara APT Pranoto berdasarkan metode IPA (Importance Performance Analysis). (3) Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa menurut CSI (Customer Satisfaction Index). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pengguna jasa pelayanan Bandar Udara APT Pranoto Kota Samarinda. Responden yang digunakan sebanyak 100 orang. Data yang digunakan adalah dari hasil kuesioner yang disebar kepada pengguna jasa Bandar Udara yang disusun berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Angkutan Udara. Metode yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pengguna jasa pesawat terbang adalah metode IPA dan metode CSI. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Karakteristik penumpang berdasarkan aspek golongan usia didominasi oleh pengguna jasa dengan rentang usia antara 17-25 tahun. Berdasarkan aspek jenis kelamin didominasi oleh pengguna jasa dengan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan aspek jenis pekerjaan didominasi oleh pengguna jasa dengan pekerjaan sebagai pegawai swasta. Berdasarkan aspek jumlah pendapat perbulan didominasi oleh pengguna jasa dengan jumlah pendapatan perbulan sebanyak Rp.3.000.000-Rp.7.000.000/bulan. Berdasarkan aspek maksud perjalanan didominasi oleh pengguna jasa yang melakukan perjalanan dengan maksud kantor/dinas/bisnis. Berdasarkan aspek tingkat pendidikan terakhir didominasi oleh pengguna jasa yang memiliki jenjang Sarjana (S1 S2 S3). Berdasarkan aspek frekuensi perjalanan didominasi oleh pengguna jasa yang melakukan perjalanan sebanyak 1-3 kali/bulan. (2) Berdasarkan metode IPA diketahui bahwa tingkat kesesuaian atribut kenyamanan sebesar 80.89% tingkat kesesuaian atribut keandalan atau keteraturan sebesar 76.27% tingkat kesesuaian atribut daya tanggap sebesar 76.27% tingkat kesesuaian atribut keamanan sebesar 79.75% tingkat kesesuaian atribut kesetaraan 79.21% dan tingkat kesesuaian atribut fasilitas pemberi nilai tambah sebesar 77.25%. Secara keseluruhan tingkat kesesuaian pelayanan Bandar Udara APT Pranoto sebesar 77.53%. (3) Berdasarkan metode CSI mendapatkan nilai indeks sebesar 67 07% yang berarti bahwa secara keseluruhan pengguna Bandar Udara APT Pranoto merasa ldquo puas rdquo terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273240

Actions (login required)

View Item View Item