Isolasi gen asymetric leaves1 (AS1) pada brokoli (Brassica oleracea L. var. Italica Plenck) / Pratiwi Prananingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi gen asymetric leaves1 (AS1) pada brokoli (Brassica oleracea L. var. Italica Plenck) / Pratiwi Prananingrum

Prananingrum, Pratiwi (2010) Isolasi gen asymetric leaves1 (AS1) pada brokoli (Brassica oleracea L. var. Italica Plenck) / Pratiwi Prananingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Brokoli gen ASYMMETRIC LEAVES1 Brokoli (Brassica oleracea L. var. Italica Plenck) dibudidayakan dan dikonsumsi sebagai sayuran di Indonesia. Tanaman ini mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan misalnya sulphoraphane dan erucine yang diketahui sebagai agen pencegah kanker. Budidaya Brokoli di Indonesia menghadapi kendala terutama pengendalian patogen. Gen ASYMMETRIC LEAVES 1 (AS1) diketahui berperan sebagai regulator resistensi fungi dan bakteri. Gen ini berperan sebagai regulator positif resistensi patogen bakteri sedangkan pada fungi berperan sebagai regulator negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengisolasi gen AS1 dari Brassica oleracea L. var. Italica Plenck. Gen AS1 diisolasi dari Brokoli menggunakan metode amplifikasi Polymerase Chain Reaction (PCR). Primer yang digunakan mengacu pada primer untuk amplifikasi gen ASYMMETRIC LEAVES1/ROUGH SEATH2/PHANTASTICA (ARP) pada anggota sub famili Ruschioideae dengan beberapa modifikasi berdasarkan conserve region pada multiple alignment gen AS1 dari Arabidopsis thaliana (A. thaliana) dan RS2 dari Zea mays (Z. mays). Primer yang digunakan adalah Forward 5 -GTTAGGVAAGTGGTGGGAAGT-3 dan reverse 5 -CCATTGATCAGCCARYTTCTG-3 . Sekuen yang diperoleh dianalisis menggunakan program DNA baser untuk memperoleh consensus sequence SIXFRAME untuk mengetahui reading frame dan Clustal W untuk alignment determinasi dan analisis asam amino. Dari hasil penelitian ini diperoleh sekuen gen AS1 sepanjang 610 pasang basa yang merupakan bagian tengah gen AS1. Berdasarkan alignment dengan AS1 dari A. thaliana dan C. hirsuta diketahui 295 pasang basa upstream dan sekitar 127 pasang basa downstream belum teramplifikasi sedangkan berdasarkan alignment dengan Z. mays RS2 diketahui 295 pasang basa upstream dan sekitar 148 pasang basa downstream belum teramplifikasi dengan demikian gen yang telah terisolasi adalah AS1 partial sequence. Desain primer upstream dan downstream masih diperlukan untuk memperoleh sekuen utuh AS1 dari B. oleracea L. var. Italica Plenck.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27324

Actions (login required)

View Item View Item