Analisisi kinerja angkutan umum akibat dampak covid-19 di Kota Malang (studi kasus: trayek adl Terminal Arjosari-Dinoyo-Landungsari) / Kekek Leliyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisisi kinerja angkutan umum akibat dampak covid-19 di Kota Malang (studi kasus: trayek adl Terminal Arjosari-Dinoyo-Landungsari) / Kekek Leliyana

Leliyana, Kekek (2023) Analisisi kinerja angkutan umum akibat dampak covid-19 di Kota Malang (studi kasus: trayek adl Terminal Arjosari-Dinoyo-Landungsari) / Kekek Leliyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Angkutan umum penumpang atau disebut dengan angkutan kota adalah salah satu sarana transportasi yang digunakan untuk melayani aktivitas masyarakat di Kota Malang. Penurunan penggunaan angkutan dipengaruhi oleh banyaknya masyarakat memiliki kendaraan pribadi persaingan moda transportasi seperti ojek online kinerja angkutan kota dan kondisi pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid- 19 adanya peraturan pembatasan jumlah penumpang paling banyak 50% dari kapasitas kendaraan. Adanya pembatasan pergerakan menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup besar pada kinerja angkutan kota. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik pengemudi angkutan (2) Mendeskripsikan karakteristik pengguna jasa angkutan (3) Mendeskripsikan kinerja operasional angkutan dan (4) Mendeskripsikan tingkat pelayanan angkutan kota ADL. Metode penelitian yang dilakukan untuk pengumpulan data karakteristik kinerja angkutan dan tingkat pelayanan. Untuk tingkat pelayanan yaitu penyebaran kuesioner kepengguna jasa angkutan ADL yang diolah menggunakan metode IPA dengan skala pengukuran yaitu skala Likert dan untuk kinerja operasional berpedoman pada SK Dirjen Perhubungan Darat No.687 Tahun 2002 dalam mengkaji kinerja operasional angkutan penelitian dilakukan dengan pendekatan survei lapangan (Statis dan Dinamis). Penelitian dilakukan selama 4 hari pada hari kerja dan hari libur. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian (1) Karakteristik pengemudi angkutan berjenis kelamin 100% laki-laki usia 30-45 tahun dengan hasil 42 86% tingkat Pendidikan SMP/SLTP dengan hasil 46 43% status kepemilikan milik sendiri dengan hasil 60 71% usia armada antara 10-20 tahun dengan hasil 57 14% pengalaman mengemudi sopir 10-20 tahun dengan hasil 35 71% penghasilan bersih sehari Rp.30.000 - s/d Rp.50.000 - sebesar 42 86% jumlah perjalanan dalam sehari rata-rata gt 2 Rit sebesar 50%. (2) Karakteristik pengguna jasa 51 61% perempuan usia antara 16-30 tahun dengan hasil 60 22% Pendidikan terakhir S1/D4 dengan hasil 37 63% jenis pekerjaan rata-rata mahasiswa dengan hasil 36 56% penghasilan rata-rata lt Rp.1.000.000 - dengan hasil 46 35% biaya pengeluaran trasportasi 1 bulan lt Rp.50.000 - dengan hasil 53 76% tujuan perjalanan rata-rata kerja dengan hasil 24 73% dan frekuensi perjalanan sering dengan hasil 34 41%. (3) Kinerja operasional Angkutan Kota ADL yang termasuk dalam kategori baik yaitu waktu antara rata-rata berkisar 4-6 menit waktu tempuh rata-rata 1 jam 8 waktu sirkulasi rata- rata 2 jam 17 menit 16 detik termasuk. (4) Tingkat pelayanan yang perlu diperbaiki yaitu pada aspek keselamatan item-5 keahlian sopir dalam mengendarai angkutan umum aspek kenyamanan item-9 kebersihan kendaraan armada dan aspek keteraturan item-17 identitas kendaraan berupa nama trayek dan nomor kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273239

Actions (login required)

View Item View Item