Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar materi teknik pengukuran tanah siswa SMK Islam Blitar / Ahmad Bakhtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar materi teknik pengukuran tanah siswa SMK Islam Blitar / Ahmad Bakhtiar

Bakhtiar, Ahmad (2022) Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar materi teknik pengukuran tanah siswa SMK Islam Blitar / Ahmad Bakhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran praktik dan teori yang mengharuskan siswa untuk mengetahui memahami dan mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari memiliki salah satu ciri khas siswa dituntut untuk mempelajari banyak bab-bab materi pada mata pelajaran tersebut salah satunya adalah mata pelajaran Teknik Pengukuran. Dengan banyaknya materi yang dipelajari dan kurangnya respon para siswa pada proses pembelajaran membuat siswa menjadi mendapatkan masalah seperti halnya siswa kesulitan mengaitkan sebuah teori dengan apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar siswa dan bingung dalam menentukan contoh dari 2 teori yang hampir sama. Masalah ini muncul karena enggannya siswa mempelajari dan membuka kembali catatan mereka yang terlihat membosankan. Catatan siswa yang membosankan itu terbentuk karena mereka tidak mencatat materi pengukuran tanah secara terkonsep dan hanya terpaku pada kata-kata dibuku. Sehingga berdampak kepada hasil belajar siswa. Tingkat hasil belajar materi pengukuran tanah masih rendah ditunjukkan pada hasil pekerjaan rumah yang ditugaskan oleh guru didapati hanya 33% siswa yang mengerjakan soal dengan benar dan mendapatkan nilai baik sedangkan 66 67% siswa lainya mengerjakan soal berbeda jauh dari jawaban yang benar serta menjadikan nilai siswa rendah. Meskipun metode konvensional yang diterapkan oleh guru merupakan metode yang cukup baik tetap perlu adanya perubahan metode pembelajaran yang lebih baik efektif dan inovatif apabila siswa masih memiliki masalah-masalah belajar siswa seperti yang dipaparkan diatas. Memulai proses pembelajaran dengan menerapkan metode mind mapping merupakan salah satu metode yang dapat diusulkan. Eksperimen semu dengan model Non Equivalent Control Group merupakan rancangan penelitian yang dipilih dalam penelitian ini. Dengan melibatkan dua kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu 34 siswa pada masing-masing kelas. Masing masing kelas diperlakuan dengan metode yang berbeda kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan metode mind mapping. Selanjutnya setelah selesai melakukan pembelajaran siswa akan diberikan post-test. Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan uji deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapati nilai rerata siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 71 53 dan siswa yang menggunakan metode mind mapping nilai rerata sebesar 87 12. Nilai t sebesar -7 017 dengan perolehan nilai signifikansi 0 00. Yang mana nilai signifikansi ini tidak lebih banyak dari pada nilai signifikansi yang diajukan yaitu sebesar 0 05. Sehingga dapat dinyatakan Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan metode mind mapping lebih baik secara signifikan daripada siswa yang tidak menggunakan metode mind mapping didukung oleh data. Dengan diterimanya hipotesis alternatif dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar materi pengukuran tanah siswa SMK Islam Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 05:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273237

Actions (login required)

View Item View Item