Optimasi parameter milling terhadap kekasaran permukaan material glass fiber reinforced polymer (gfrp) / Rahmat Prakasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi parameter milling terhadap kekasaran permukaan material glass fiber reinforced polymer (gfrp) / Rahmat Prakasa

Prakasa, Rahmat Prakasa (2022) Optimasi parameter milling terhadap kekasaran permukaan material glass fiber reinforced polymer (gfrp) / Rahmat Prakasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Material yang digunakan industri sekarang adalah material alternative seperti material yang mengandung komposit (serat) dengan campuran glass. Sedangkan dari biaya produksi komposit yang penambahan glass jauh lebih murah dari komposit lainya. Proses permesinan yang sering digunakan pada material GFRP adalah permesinan milling. Pada permesinan milling diketahui bahwa sifat machinability material GFRP tergolong rendah. Pada proses milling material komposit terdapat beberapa masalah seperti cacat permukaan karena dipangaruhi oleh parameter permesinan milling diantaranya kecepatan pahat kedalaman potong kecepatan makan dan cairan pendingin. Pengaruh pemotongan terhadap kekasaran permukaan pada material GFRP telah banyak dilakukan para peneliti untuk memaksimalkan keksaran permukaan dan kerusakan delaminasi. Penelitian ini dilakukan melalui proses frais (milling) dengan variasi spindle speed 500 750 1000 rpm feeding 50 75 100 mm/min serta kadar titanium dioxside (TiO2) 0 10 20 gram. Pengukuran kekasaran permukaan benda kerja dan menggunakan Surface Roughness Test dan Thermometer IR untuk mengukur suhu pemotongan. Metode taguchi akan digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan tiga level yaitu L9 kemudian didapatkan hasil minimum dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar titanium dioxside lebih berpengaruh terhadap kekasaran permukaan dibandingkan dengan spindle speed dan feed rate terhadap kekasaran permukaan. Berdasarkan hasil kekasaran permukaan teramati bahwa menggunakan parameter spindle speed 750 rpm feed rate 75 mm/min dan kadar TiO2 20 gram menghasilkan nilai kekasaran permukaan sebesar 0 70 micro m. Hasil analysis of variance menunjukkan bahwa kadar TiO2 mempengaruhi tingkat kekasaran permukaan dengan kontribusi tertinggi sebesar 44 54% dibandingkan dengan kontribusi feeding sebesar 24 55% dan spindle speed 9 08%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273222

Actions (login required)

View Item View Item