Peluang dan tantangan fintech syariah dalam mendorong perekonomian UMKM Masyarakat Kediri / Pinky Sutan Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peluang dan tantangan fintech syariah dalam mendorong perekonomian UMKM Masyarakat Kediri / Pinky Sutan Efendi

Efendi, Pinky Sutan (2022) Peluang dan tantangan fintech syariah dalam mendorong perekonomian UMKM Masyarakat Kediri / Pinky Sutan Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi akan berdampak langsung bagi aspek kehidupan ekonomi masyarakat. Munculnya finansial teknologi berbasis syariah memberikan kemudahan untuk mendapatkan dana yang diinginkan dengan waktu yang singkat dan mudah prosesnya. Kemajuan teknologi yang ditandai dengan adanya fenomena inovasi menciptakan pasar baru yang ikut mendorong tumbuhnya fintech pada industri jasa keuangan. Fintech sendiri bukanlah hal baru dalam industri jasa keuangan. Perkembangan fintech di Indonesia muncul fintech dengan model baru yakni fintech berbasis syariah. Layanan tersebut merupakan produk pinjam meminjam secara online yang menerapakan penyesuaian dengan prinsip syariah yang dimana ada suatu keuntungan tertentu yang akan didapatkan tanpa ada yang kurang dengan biaya apapun kemudian dalam hal pendanaan dalam fintech syariah tidak ada penentuan bunga dari pemberi pinjaman karena semua ditentukan lewat akad yang sudah disepakati dari awal. Fintech syariah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari industri fintech nasional yang juga turut berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. Solusi dalam hal kesulitan untuk pengembangan pada usaha UMKM dalam hal pembiayaan modal dapat dilakukan melalui fintech. Bagi para pelaku usaha khususnya UMKM fintech dapat membantu untuk mendapatkan kemudahan di area keuangan. Tantangan Fintech syariah dalam perkembangan UMKM meliputi infrastruktur perundang-undangan keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dan kurangnya literasi keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273185

Actions (login required)

View Item View Item