Strategi pemulihan performa UMKM kuliner akibat pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik / Abdulloh Syam - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemulihan performa UMKM kuliner akibat pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik / Abdulloh Syam

Syam, Abdulloh Syam (2023) Strategi pemulihan performa UMKM kuliner akibat pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik / Abdulloh Syam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama pandemi Covid-19 usaha kuliner di indonesia mengalami kelimpungan dalam menghadapi bisnisnya yang terhambat akibat pandemi. Hal ini disebabkan oleh kebijakan pemerintah dalam pengendalian Covid-19 yang membuat operasional penjualan UMKM kuliner menjadi terganggu. Sehingga berdampak pada penurunan omzet menurunnya daya beli konsumen kesulitan membeli bahan baku kesulitan modal pembatasan sosial namun para UMKM kuliner harus melakukan pengeluaran secara rutin seperti upah karyawan sewa dan juga cicilan. Penelitian ini dilakukan di wilayah kabupaten Gresik karena wilayah ini memiliki potensi yaitu industri yang mana para pekerja dari berbagai penjuru kota sehingga memungkinkan kebutuhan pangan yang meningkat. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi mengenai dampak akibat pandemi Covid-19 serta strategi pemulihan yang dilakukan agar dapat tetap bertahan dan juga mampu berkembang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tiga bentuk strategi yaitu yang pertama dilakukan oleh Dinas UMKM Kabupaten Gresik dengan memberikan subsidi memberikan penangguhan kewajiban UMKM mendorong digitalisasi memberikan pinjaman modal kepada pelaku UMKM mendorong pengembangan inovasi wirausaha. Kedua strategi yang dilakukan oleh ketua paguyuban sentra kuliner diantaranya membuat sistem penjualan secara bergiliran dan mensosialisasikan mengenai manajemen penjualan yang baik. Ketiga strategi yang dilakukan UMKM kuliner adalah melakukan pemasaran digital menurunkan harga melakukan promosi di media sosial memberikan diskon menarik dan menyediakan pembayaran secara digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273182

Actions (login required)

View Item View Item