Pengaruh pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Malang / M. Amirudin Latif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Malang / M. Amirudin Latif

Latif, M. Amirudin (2010) Pengaruh pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Malang / M. Amirudin Latif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaraan cooperative script dipadu dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) kemampuan berpikir kritis hasil belajar mata pelajaran Biologi Pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Biologi sangat penting untuk dikembangkan di kelas. Kemampuan berpikir kritis secara signifikan mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Pembelajaran di tiap jenjang pendidikan ditengarai tidak mengelola kemampuan berpikir kritis siswa secara terencana. Solusi yang bisa diterapkan salah satunya dengan mengubah strategi pembelajaran di kelas. Strategi pembelajaran yang ditengarai mampu memberdayakan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar adalah strategi pembelajaran cooperative script dan pola PBMP yang pada penelitian ini dipadukan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Malang. Kelompok populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Malang semester genap tahun ajaran 2009/2010. Kelompok sampel ditentukan berdasarkan nilai hasil belajar kognitif siswa kelas X semester gasal dan dicari yang paling representative. Dua kelas yang terpilih yaitu kelas X-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-D sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik kovarian untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi pelajaran Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola PBMP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran cooperative script dipadu dengan pola PBMP meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran Biologi. Kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis 12% lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan strategi cooperative script dipadu dengan pola PBMP 13% lebih tinggi daripada kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item