Determinan tax avoidance pada perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia / Dyzka Aranza Rimba - Repositori Universitas Negeri Malang

Determinan tax avoidance pada perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia / Dyzka Aranza Rimba

Rimba, Dyzka Aranza (2022) Determinan tax avoidance pada perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia / Dyzka Aranza Rimba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh leverage profitabilitas dan corporate social responsibility terhadap tax avoidance pada perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Alasan menggunakan perusahaan industri barang konsumsi karena berperan strategis mensejahterakan masyarakat karena produknya diperlukan dalam keseharian dan sangat berkaitan dengan keberlangsungan hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan industri barang konsumsi yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019 yang merupakan sub-sektor perusahaan manufaktur. Dalam penelitian ini sampel diambil memakai metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 32 perusahaan. Analisis regresi menjadi metode analisis yang digunakan. Penelitian ini dapat memberikan implikasi terkait tindakan tax avoidance pada sektor industri barang konsumsi. Semakin tinggi leverage perusahaan akan meningkatkan tax avoidance karena perusahaan memanfaatkan keuntungan dari penggunaan utang yang menimbulkan pengurangan pembayaran pajak akibat adanya biaya bunga atas utang. Tingginya profitabilitas juga mempengaruhi tax avoidance karena perusahaan dengan laba tinggi akan memposisikan dirinya dengan menerapkan perencanaan pajak melalui tax avoidance agar meminimalkan pengenaan pajak dan meningkatkan laba. Adanya pengungkapan CSR pada perusahaan bisa meminimalisir tingkat penghindaran pajak yang dilakukan perusahaan karena tingginya aktivitas CSR akan meningkatkan sikap tanggung jawab sosial oleh perusahaan dan dicerminkan dengan sikap patuh dalam kesesuaian pembayaran jumlah beban pajak. Perusahaan dengan CSR yang berkualitas memandang pembayaran pajak sebagai bagian dari tanggung jawab sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273161

Actions (login required)

View Item View Item