Studi fenomenologi mengenai kecurangan akademik mahasiswa beasiswa bidikmisi saat perkuliahan daring - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi mengenai kecurangan akademik mahasiswa beasiswa bidikmisi saat perkuliahan daring

Hapsyah, Hapsyah (2022) Studi fenomenologi mengenai kecurangan akademik mahasiswa beasiswa bidikmisi saat perkuliahan daring. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan faktor yang melatarbelakangi mahasiswa beasiswa Bidikmisi S1 Akuntansi dalam melakukan kecurangan akademik saat perkuliahan daring selama pandemi COVID-19. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Prodi S1 Akuntansi Universitas X dan Y. Informan berjumlah 10 orang yaitu 5 dari Universitas X dan 5 dari Universitas Y. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian fenomenologi. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi mengaku jika kecurangan akademik bukanlah hal yang wajar untuk dilakukan karena perbuatan tersebut merupakan tindakan yang sangat tidak etis dan tidak diperbolehkan di dalam dunia pendidikan tetapi berdasarkan pengakuan bahwa mereka pernah dan jarang melakukan kecurangan akademik selama masa perkuliahan daring dan tidak pernah ketahuan oleh dosen mahasiswa melakukan kecurangan sejak awal kuliah pada semester satu lebih menyukai sistem perkuliahan daring karena lebih efisien dan fleksibel. Hampir semua mahasiswa beasiswa Bidikmisi menghadapi masalah terkait jaringan internet yang tidak stabil. Kecurangan akademik yang sering dilakukan mahasiswa beasiswa Bidikmisi saat perkuliahan daring selama pandemi COVID-19 adalah menyontek saat ujian. Kemudian WhatsApp dan Google adalah aplikasi yang sering digunakan mahasiswa beasiswa Bidikmisi untuk melakukan kecurangan akademik selama pembelajaran daring. Alasan mahasiswa Universitas X dan Y melakukan kecurangan akademik saat perkuliahan daring karena tidak memahami soal ujian terpengaruh oleh teman tekanan untuk mendapat nilai yang baik dan tuntutan beasiswa yang terima. Kemudian faktor pendorong seperti sulit memahami materi yang dijelaskan oleh dosen sifat dosen yang baik dan sanksi dan peraturan yang kurang tegas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273158

Actions (login required)

View Item View Item