Pengaruh anchoring bias dan loss aversion bias terhadap pengambilan keputusan investasi investor / Galih Buana Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh anchoring bias dan loss aversion bias terhadap pengambilan keputusan investasi investor / Galih Buana Aji

Aji, Galih Buana (2022) Pengaruh anchoring bias dan loss aversion bias terhadap pengambilan keputusan investasi investor / Galih Buana Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aji Galih Buana. 2022. Pengaruh Anchoring Bias Dan Loss Aversion Bias Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Investor. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. CSRS. Kata Kunci behavior finance anchoring bias loss aversion bias keputusan investasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin besarnya ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal belakangan ini. Hal ini menyebabkan banyaknya investor pemula yang mungkin masih akan sangat rentan terpengaruh oleh bias perilaku yang dapat merugikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh anchoring bias dan loss aversion bias terhadap pengambilan keputusan investasi investor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah investor yang berinvestasi di Bursa Efek Indonesia yang berada di wilayah Kota Malang dan Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 investor. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial anchoring bias berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi investor (2) secara parsial loss aversion bias berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi investor (3) secara simultan (bersama-sama) anchoring bias dan loss aversion bias berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi investor. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu metode yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif sehingga hasil yang didapatkan hanya berupa data yang didapat dari kuisioner yang disebarkan secara online sehingga keakuratan jawaban dari responden dirasa kurang maksimal. Selain itu responden dalam penelitian ini adalah para investor yang tergabung dalam komunitas Investor Saham Pemula (ISP) yang ada di grup WhatsApp dan Telegram sehingga hanya merupakan sebagian kecil dari keseluruhan investor saham yang ada di Jawa Timur. Saran penulis mengenai penelitian selanjutnya yang akan meneliti topik yang sama hendaknya menggunakan metode kualitatif agar data yang didapatkan lebih akurat dan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Penelitian yang akan datang juga disarankan menggunakan responden yang tergabung dalam komunitas lain baik yang ada di grup online maupun offline agar hasil yang didapatkan mampu mewakili investor secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273144

Actions (login required)

View Item View Item