Pengaruh financial distress dan voluntary disclosure terhadap earnings management / Lani Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh financial distress dan voluntary disclosure terhadap earnings management / Lani Diana

Diana, Lani (2022) Pengaruh financial distress dan voluntary disclosure terhadap earnings management / Lani Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji serta memberikan bukti empiris pengaruh financial distress dan voluntary disclosure terhadap earnings management. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 - 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 101 perusahaan dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang menggunakan aplikasi SPSS versi 21.0. Variabel financial distress diproksikan dengan Grover Model. Variabel voluntary disclosure diukur dengan scoring index disclosure di mana skor satu (1) jika butir diungkapkan dan skor nol (0) jika butir tidak diungkapkan. Adapun daftar butir pengungkapan sukarela yang digunakan yaitu daftar butir dari Habbash sebanyak 54 butir. Variabel earnings management diproksikan dengan Conditional Revenue Model Stubben. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap earnings management sedangkan voluntary disclosure tidak berpengaruh terhadap earnings management.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273136

Actions (login required)

View Item View Item