Analisis uji komparatif manajemen laba sebelum dan saat pandemi covid-19 / Nanda Ratna Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis uji komparatif manajemen laba sebelum dan saat pandemi covid-19 / Nanda Ratna Agustina

Agustina, Nanda Ratna (2022) Analisis uji komparatif manajemen laba sebelum dan saat pandemi covid-19 / Nanda Ratna Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan manajemen laba antara sebelum dan saat pandemi COVID-19 berdasarkan peninjauan teori akuntansi positif. Data dikumpulkan dari laporan keuangan tahunan 35 perusahaan sektor perhotelan restoran dan pariwisata yang terdaftar di BEI pada tahun 2019 dan 2020. Manajemen laba dihitung menggunakan proksi discretionary accruals melalui model Jones yang dimodifikasi. Melalui paired sample t-test hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan manajemen laba antara sebelum dan saat pandemi COVID-19. Hal ini berarti manajer perusahaan cenderung memperbanyak manajemen laba melalui strategi peningkatan laba pada periode pandemi COVID-19 dibandingkan sebelum pandemi COVID-19. Strategi peningkatan laba dilakukan dengan motif manajer perusahaan untuk memperoleh bonus yang lebih tinggi. Manajemen laba yang tinggi pada periode pandemi COVID-19 menyebabkan laporan keuangan perusahaan tidak menunjukkan kondisi yang sesungguhnya sehingga dapat menyesatkan pandangan stakeholders terhadap kinerja perusahaan. Oleh karena itu para stakeholders seperti kreditur investor dan regulator perlu untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pengambilan keputusan karena keandalan dari laporan keuangan cenderung terpengaruh akibat manajemen laba yang dilakukan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:29
Last Modified: 26 Mar 2024 03:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273125

Actions (login required)

View Item View Item