Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Talun Blitar Jawa Timur / Siti Nur Alifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Talun Blitar Jawa Timur / Siti Nur Alifah

Alifah, Siti Nur (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Talun Blitar Jawa Timur / Siti Nur Alifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model TPS motivasi belajar hasil belajar Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat menimbulkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan di SMPN 1 Talun kelas VIII A ditemukan bahwa metode pembelajaran menggunakan ceramah siswa yang aktif hanya 2 siswa dari 37 siswa selama 2 jam pelajaran. Rerata persentase seluruh aspek motivasi sebesar 37 24% dengan kriteria sangat kurang. Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi kelas VIII A ditemukan bahwa materi sistem peredaran darah dan hubungannya dengan kesehatan sulit bagi siswa serta hasil belajarnya paling rendah diantara materi biologi lain hasil belajar biologi yang tuntas sebesar 60 5%. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan oleh peneliti pada 28 Januari-1 April 2010 membuktikan adanya masalah belajar di sekolah untuk pelajaran Biologi yaitu terkait dengan motivasi dan hasil belajar oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif yaitu melibatkan guru dan peneliti. Tempat penelitian di SMPN 1 Talun Blitar Jawa Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 37 siswa. Waktu pengambilan data pada tanggal 28 Januari-6 Mei 2010. Teknis analisis data kualitatif dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu lembar observasi motivasi siswa dan catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif berdasarkan taraf keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Talun sebesar 42 1% dari sebelum tindakan ke siklus 1 dan sebesar 13 42% dari siklus 1 ke siklus 2. Pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Talun sebesar 7 1% dari sebelum tindakan ke siklus1 dan sebesar 29 7% dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan (1) pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Talun (2) pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Talun. Berdasarkan hasil pembahasan saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran kooperatif model TPS baik untuk diterapkan oleh guru SMPN 1 Talun agar model pembelajaran lebih bervariasi. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item