Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui e-trust dan brand attitude (studi pada followers instagram schofficials) / Farid A. Bar Rusmin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui e-trust dan brand attitude (studi pada followers instagram schofficials) / Farid A. Bar Rusmin

Rusmin, Farid A. Bar (2022) Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui e-trust dan brand attitude (studi pada followers instagram schofficials) / Farid A. Bar Rusmin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini berdampak pada jalannya bisnis. Perkembangan teknologi ini menggeser perilaku konsumen dari pembelian offline ke pembelian online khususnya pada bisnis clothing line karena dapat dilakukan dengan mudah melaui media sosial Instagram. Instagram dapat digunakan sebagai strategi untuk memasarkan produk yaitu komunikasi Electronic Word of Mouth (E-WOM). E-WOM yang terjadi di Instagram dapat menumbuhkan E-Trust dan Brand Attitude pada benak konsumen sehingga dapat menimbulkan Purchase Intention dari Instagram Schofficials. Untuk meningkatkan E-WOM perusahaan harus membuat produk dengan kualitas yang baik dan memberikan detail-detail informasi mengenai produk di akun Instagram Schofficials. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui (1) Deskripsi E-WOM Purchase Intention E-Tust dan Brand Attitude (2) Besarnya pengaruh langsung E-WOM terhadap Purchase Intention (3) Besarnya pengaruh langsung E-WOM terhadap E-Trust (4) Besarnya pengaruh langsung E-WOM terhadap Brand Attitude (5) Besarnya pengaruh langsung E-Trust terhadap Purchase Intention (6) Besarnya pengaruh langsung Brand Attitude terhadap Purchase Intention (7) Besarnya pengaruh tidak langsung E-WOM terhadap Purchase Intention melalui E-Trust (8) Besarnya pengaruh tidak langsung E-WOM terhadap Purchase Intention melalui Brand Attitude. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan followers Instagram Schofficials yang belum pernah melakukan pembelian dan memiliki niat pembelian maka populasi dalam penelitian ini merupakan populasi tak hingga. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 250 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan Analisis PLS dengan menggunkan aplikasi WarpPLS. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa (1) E-WOM berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (2) E-WOM berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap E-Trust (3) E-WOM berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Brand Attitude (4) E-Trust berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Brand Attitude (5) Brand Attitude berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (6) E-WOM berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui E-Trust (7) E-WOM berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui Brand Attitude.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273057

Actions (login required)

View Item View Item