Analisis kandungan glukosa dan amilosa pada nasi putih beras poles / Monica Feby Zelvia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kandungan glukosa dan amilosa pada nasi putih beras poles / Monica Feby Zelvia

Zelvia, Monica Feby Zelvia (2022) Analisis kandungan glukosa dan amilosa pada nasi putih beras poles / Monica Feby Zelvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nasi putih merupakan makanan pokok dengan kandungan utama berupa karbohidrat berwujud pati yang tersusun atas granula amilosa dan amilopektin. Gizi nasi diserap oleh tubuh merupakan monosakarida berupa glukosa melalui hidrolisis pati yang mana daya cernanya dipengaruhi proses pengolahan dan penyimpanan. Penelitian ini mengkaji pengaruh dari pengolahan dan penyimpanan nasi terhadap kandungan amilosa dan glukosa nasi putih beras poles agar diketahui metode yang tepat untuk menjaga ketahanan gizi nasi. Metode penelitian eksperimental menggunakan rancangan percobaan RAK dengan perlakuan macam pengolahan (dimasak dengan rice cooker dikukus) dan penyimpanan (tidak disimpan disimpan dalam suhu ruang dan disimpan dalam pemanas 12 jam). Sampel menggunakan beras poles dengan pengambilan data kadar glukosa menggunakan refractometer sementara amilosa menggunakan spektrofotometer UV-vis. Hasil yang diperoleh kandungan glukosa tinggi dihasilkan oleh nasi yang dimasak menggunakan rice cooker tanpa penyimpanan (69 9%) sementara kandungan amilosa yang tinggi dihasilkan oleh nasi yang diolah menggunakan rice cooker kemudian disimpan dalam pemanas (55 8 mu g/ml).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273048

Actions (login required)

View Item View Item