Minyak atsiri dari kulit jeruk manis (citrus sinensis) untuk parfum sediaan padat / Riza Agung Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Minyak atsiri dari kulit jeruk manis (citrus sinensis) untuk parfum sediaan padat / Riza Agung Pribadi

Pribadi, Riza Agung (2022) Minyak atsiri dari kulit jeruk manis (citrus sinensis) untuk parfum sediaan padat / Riza Agung Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jeruk manis (Citrus sinensis) merupakan salah satu buah yang tingkat konsumsinya terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan konsumsi buah ini juga berdampak pada makin meningkatnya kulitnya sebagai bahan buangan (limbah). Limbah kulit jeruk jika tidak tertangani dengan baik berdampak pada terganggunya lingkungan. Buah kulit jeruk manis ini cukup banyak mengandung minyak atsiri dan sangat potensial untuk dikembangkan manfaatnya. Salah satu manfaat tersebut adalah digunakan sebagai penghasil aroma dalam bentuk parfum aroma sediaan padat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan parfum padat aroma jeruk manis dan sifat antioksidan serta sunscreennya. Penelitian ini terdiri dari 6 tahap yaitu 1) isolasi minyak atsiri kulit jeruk manis menggunakan metode distilasi uap minus air 2) karakterisasi minyak atsiri kulit jeruk manis yang meliputi wujud warna massa jenis titik didih indeks bias dan putaran optik 3) identifikasi komponen minyak atsiri kulit jeruk manis dengan Gas Chromatography-Mass Spectrometer (GC-MS) 4) uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan uji aktivitas sunscreen dengan menggunakan metode spektrofotometri 5) formulasi parfum sediaan padat menggunakan metode formulasi yang merujuk pada Farmakope Indoensia Edisi V dan 6) evaluasi parfum padat. Isolasi minyak atsiri kulit jeruk manis menghasilkan rendemen 0 26%. Minyak ini berwujud cair berwarna kuning muda massa jenis 0 876 g/mL titik didih 163 3 oC indeks bias 1 468 (25 oC) dan putaran optik ( )105 5o dm-1.g-1.mL. Minyak atsiri kulit jeruk manis mengandung limonena (72 34%) oktanal (5 64%) linalool (5 44%) beta -mirsena (4 60%) dekanal (2 24%) alpha -pinena (1 32%) cis-sitral (0 98%). sabinena (0 67%) terpineol (0 65%) dan beta -pinena (0 10%). Aktivitas antioksidan minyak atsiri kulit jeruk manis memiliki nilai IC50 sebesar 318 301 micro g.mL-1 dengan kategori lemah. Minyak atsiri kulit jeruk manis mengabsorbsi sinar UV dengan nilai SPF 7 3724 dengan kategori rendah. Minyak atsiri kulit jeruk manis berpotensi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dan sunscreen yang meredam radiasi sinar UV. Formulasi parfum padat dari minyak atsiri kulit jeruk manis menghasilkan 3 formula. Formula 2 memiliki hasil yang baik dan aman digunakan pada kulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273032

Actions (login required)

View Item View Item