Rancang bangun alat monitoring SOC (State of Charge) pada baterai asam timbal dengan keluaran led / Sulis Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun alat monitoring SOC (State of Charge) pada baterai asam timbal dengan keluaran led / Sulis Setyowati

Setyowati, Sulis (2022) Rancang bangun alat monitoring SOC (State of Charge) pada baterai asam timbal dengan keluaran led / Sulis Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baterai asam timbal merupakan jenis baterai sekunder yang bisa disebut dengan aki atau accumulator. Kendaraan bermotor membutuhkan baterai untuk menyuplai daya listrik menuju komponen-komponen listrik kendaraan. Penggunaan baterai secara terus menerus akan mengalami kerusakan sehingga diperlukannya pengecekan secara rutin kondisi baterai. Namun selama aki digunakan terkadang pengguna tidak mengetahui bahwa kondisi aki telah berada pada tegangan dibawah 85% pada aki tegangan minimal yang direkomendasikan sebesar 10.5 Volt. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut penelitian ini membuat rancang alat monitoring tegangan dan arus dengan keluaran LED (Light Emiting Diode). Alat ini dibuat untuk mengamati kondisi tegangan dan arus baterai kendaraan bermotor. Komponen-komponen yang digunakan pada alat ini diantaranya PCB sensor tegangan sensor arus dan lain sebagainya. Ketika alat sudah dirangkai sensor tegangan dan sensor arus akan mengambil data dan selanjutnya diproses oleh mikrokontroller ATmega8. Pada penelitian ini data yang diperoleh adalah jika 11 1 Volt tegangan aki maka LED menyala tanpa kedip sedangkan untuk tegangan aki 7 Volt maka LED berkedip 4 kali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273028

Actions (login required)

View Item View Item