Optimasi proyek dengan aplikasi fuzzy critical path method dan metode crashing / Amira Chairani Soemengkar - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi proyek dengan aplikasi fuzzy critical path method dan metode crashing / Amira Chairani Soemengkar

Soemengkar, Amira Chairani (2022) Optimasi proyek dengan aplikasi fuzzy critical path method dan metode crashing / Amira Chairani Soemengkar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proyek pembangunan jalan di Kabupaten Lamongan oleh CV. X memiliki durasi kontrak selama 114 hari. Pada penelitian sebelumnya diperoleh durasi penyelesaian proyek selama 115 hari dengan aplikasi CPM. Tentu saja ada keterlambatan waktu sehari dalam penyelesaian proyek tersebut. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini menganalisa optimasi waktu dan biaya penyelesaian proyek dengan aplikasi FCPM dan Metode Crashing. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu pembuatan jaringan kerja penentuan durasi penyelesaian proyek dan aktivitas kritis dengan aplikasi FCPM dan pada tahap terakhir dilakukan percepatan terhadap aktivitas kritis dengan Metode Crashing dengan skenario penambahan tenaga kerja dan jam kerja. Hasil penelitian yang didapat adalah proyek dapat dipercepat menjadi 114 hari dengan FCPM lebih cepat dibanding dengan menggunakan CPM. Waktu penyelesaian proyek dapat dipercepat menjadi 110 hari apabila dilanjutkan dengan aplikasi Metode Crashing penambahan tenaga kerja dengan jumlah berbeda dari penelitian sebelumnya sehingga total biaya turun sebesar Rp. 229.039 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273026

Actions (login required)

View Item View Item