Studi algoritma ford fulkerson, generic augmenting path, shortest augmenting path dan pre-flow push pada maximum flow dan penerapannya / Muhammad Iqbal Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi algoritma ford fulkerson, generic augmenting path, shortest augmenting path dan pre-flow push pada maximum flow dan penerapannya / Muhammad Iqbal Ramadhan

Ramadhan, Muhammad Iqbal (2022) Studi algoritma ford fulkerson, generic augmenting path, shortest augmenting path dan pre-flow push pada maximum flow dan penerapannya / Muhammad Iqbal Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maximum Flow merupakan salah satu metode di terapan matematika yang banyak dipakai dan dimanfaatkan untuk menyelesaikan beberapa masalah sehari-hari. Maximum Flow adalah untuk mencari suatu arus mak shy simum yang melalui sebuah titik awal (source) menuju titik akhir (sink). Salah satu masalah yang bisa diselesaikan dengan metode ini adalah masalah kepadatan arus. Metode ini akan membantu untuk mengukur apakah kepadatan suatu arus sudah maksimum atau belum. Dari hasil maksimum kepadatan arus bisa dianalisis ke lampu lalu lintas yang ada di perempatan jalan. Penyelesaian permasalahan ini akan bermanfaat untuk mengurangi antrian kendaraan yang menyebabkan terjadinya kemacetan di persimpangan. Algoritma yang dipakai untuk membantu penyelesaian Maximum Flow adalah Algoritma Ford Fulkerson Pre-Flow Push Shortest Augmenting Path dan Generic Augmenting Path. Objek yang akan dijadikan contoh riil dalam penelitian ini adalah perempatan Klenteng Eng An Kiong Malang. Perempatan Klenteng Eng An Kiong memuat 13 titik simpangan dan 12 sisi jalan. Akan diteliti dan diterapkan kasus riil pada algoritma Ford Fulkerson lalu hasilnya akan dibandingkan dengan 3 algoritma di atas dengan bantuan GIDEN. Secara ringkas Algoritma Ford Fulkerson terdiri dari 2 tahapan yaitu proses pelabelan dan perubahan kapasitas. Hasil perhitungan maximum flow untuk kapasitas jalan maksimum menuju perempatan Klenteng Eng An Kiong adalah 11.248 smp sedangkan untuk arus maksimumnya sebesar smp (satuan mobil penumpang) menunjukkan arus maksimum lebih kecil dari kapasitas maksimum. Dari analisis LoS (kinerja jalan) jalan dari Laks. Martadinata E artinya arus tidak stabil terhambat analisis waktu lampu hijau 34 detik dari Gatot Subroto F artinya arus tertahan macet analisis waktu lampu hijau 41 detik dari Zainal Zacse A artinya arus bebas analisis waktu lampu hijau 22 detik dan dari Pasar Besar B arus stabil analisis lampu hijau 23 detik. Dari hasil bisa dilihat kepadatan berasal dari arah Gatot Subroto dan Laks. Martadinata. Maka warna hijau pada lalu lintas dari kedua jalan tersebut perlu ditambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273024

Actions (login required)

View Item View Item