Implementasi gaussian hidden markov model (ghmm) untuk memprediksi harga emas di indonesia / Ayu Windah Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi gaussian hidden markov model (ghmm) untuk memprediksi harga emas di indonesia / Ayu Windah Setyowati

Setyowati, Ayu Windah Setyowati (2022) Implementasi gaussian hidden markov model (ghmm) untuk memprediksi harga emas di indonesia / Ayu Windah Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gaussian Hidden Markov Model (GHMM) merupakan suatu Hidden Markov Model (HMM) yang menggunakan Sebaran Gaussian atau Sebaran Normal sebagai peluang observasinya. GHMM merupakan metode yang efektif digunakan dalam berbagai bidang. Pada penelitian ini digunakan GHMM untuk memprediksi harga emas di Indonesia. Prediksi harga emas dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama yaitu menentukan optimum number of state di mana dipilih nilai AIC dan BIC terkecil pada data training dan evaluasi nilai MAPE terhadap data testing. Tahap kedua yaitu melakukan prediksi harga emas di Indonesia sebanyak 10 hari dengan melakukan kalibrasi parameter menggunakan Algoritma Baum-Welch. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa optimum number of state dari data training berdasarkan nilai AIC dan BIC terkecil adalah 5 (lima). Kemudian evaluasi model tersebut terhadap data testing didapatkan nilai MAPE sebesar 0 55%. Kemudian hasil prediksi yang didapatkan memiliki nilai MAPE sebesar 0 30% atau kurang dari 10%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa GHMM dapat memprediksi harga emas di Indonesia dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273020

Actions (login required)

View Item View Item