Studi project scheduling problem menggunakan fuzzy logic application for scheduling / Aprilia Ludfi Hamida Mashuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi project scheduling problem menggunakan fuzzy logic application for scheduling / Aprilia Ludfi Hamida Mashuri

Mashuri, Aprilia Ludfi Hamida (2022) Studi project scheduling problem menggunakan fuzzy logic application for scheduling / Aprilia Ludfi Hamida Mashuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada proses penjadwalan proyek seringkali ditemui permasalahan yang dapat menghambat penyelesaian pekerjaan proyek salah satunya masalah keterlambatan penyelesaian proyek. Permasalahan ini disebut Project Scheduling Problem. Project Scheduling Problem (PSP) dengan masalah waktu ini dapat dianalisis dari durasi setiap kegiatan yang diberikan dan kegiatan pendahulunya. Fuzzy Logic Application for Scheduling (FLASH) merepresentasikan durasi pengerjaan proyek dalam 3 (tiga) parameter waktu yang berbeda yaitu batas waktu tercepat waktu paling mungkin dan batas waktu terlama. Berdasarkan teori fuzzy semua rangkaian kegiatan memiliki kontribusi yang sama dalam menentukan total durasi pengerjaan proyek. Perhitungan dengan FLASH dilakukan dalam satu kali tahapan yaitu dari kegiatan paling awal (node lsquo start rsquo ) menuju kegiatan paling akhir (node lsquo end rsquo ) dengan menggunakan penghitungan bilangan fuzzy. Jika terdapat lebih dari satu kegiatan predecessor maka nilai paling optimum akan ditentukan dengan fuzzzymax. Pada penelitian ini dilakukan penyelesaian Project Scheduling Problem menggunakan Fuzzy Logic Application for Scheduling (FLASH) dengan contoh riil pembangunan proyek pos jaga di Gresik dimana hasil dan prosesnya akan dibandingkan dengan penyelesaian PSP menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dengan alat bantu winQSB dan Project Evaluation and Review Technique (PERT) sebagai metode pembanding. Hasil penyelesaian PSP dengan menggunakan fuzzy menghasilkan solusi terbaik dengan waktu penyelesaian 48 hari sedangkan penyelesaian dengan menggunakan metode CPM menghasilkan waktu penyelesaian 57 hari dan dengan menggunakan metode PERT menghasilkan waktu penyelesaian 58 08 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273009

Actions (login required)

View Item View Item