Diagnosa hama dan penyakit tanaman stroberi berbasis android dengan metode forward chaining / Tiya Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosa hama dan penyakit tanaman stroberi berbasis android dengan metode forward chaining / Tiya Wulandari

Wulandari, Tiya (2022) Diagnosa hama dan penyakit tanaman stroberi berbasis android dengan metode forward chaining / Tiya Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut dua studi pada Konferensi dan Pameran Amerika Dietetic Association Food and Nutrition menunjukkan bahwa stroberi mengandung banyak nutrisi seperti serat asam folat vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terserang penyakit kanker. Mengingat kandungan dan manfaatnya yang begitu banyak pembudidayaan stroberi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Maka dari itu untuk menghasilkan buah stroberi yang berkualitas diperlukan deteksi awal penyakit salah satu caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi diagnosa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi sistem pakar diagnosa hama dan penyakit tanaman stroberi yang berbasis android dengan metode forward chaining. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi sistem pakar ini adalah forward chaining dimana proses diagnosa dilakukan dari kiri(IF) ke kanan(THEN) dengan mengetahui fakta-fakta terlebih dahulu(mencocokkan bagian IF) hingga menemukan hasil. Aturan(rule) dituliskan dalam bentuk IF-THEN. Aplikasi berbasis android dikembangkan dengan menggunakan kodular creator dan MySQL sebagai database-nya. Pada penelitian ini aplikasi diagnosa di uji menggunakan blackbox testing dan whitebox testing. Blackbox testing dilakukan dengan 16 uji coba fungsi yang hasilnya menunjukkan bahwa fungsi-fungsi pada aplikasi diagnosa tidak ada error dan berjalan sesuai harapan sedangkan whitebox testing dilakukan dengan 86 uji coba rule yang hasilnya menunjukkan bahwa proses diagnosa pada aplikasi berjalan sesuai rule tanpa ada error dan hasil diagnosa yang terdeteksi sesuai dengan buku acuan. Berdasarkan hasil pengujian pengujian tersebut fungsi dan proses diagnosa pada aplikasi diagnosa stroberi yang dibuat menggunakan kodular creator dan MySQL sebagai database-nya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273008

Actions (login required)

View Item View Item