Planaritas, radius, diameter, dan derajat graf koprima dari grup U(N) / Muhammad Sairozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Planaritas, radius, diameter, dan derajat graf koprima dari grup U(N) / Muhammad Sairozi

Sairozi, Muhammad (2023) Planaritas, radius, diameter, dan derajat graf koprima dari grup U(N) / Muhammad Sairozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep graf koprima merupakan perpaduan konsep graf dan grup. Graf G(V E) merupakan graf koprima dinotasikan Gamma _G dengan V merupakan suatu grup hingga G dan E (a b) isin G times G gcd ( a b ) 1 a ne b . Pada artikel ini akan dikaji tentang sifat-sifat graf koprima dari grup G U(n) terhadap operasi kali modulo n dengan U(n) adalah himpunan semua bilangan bulat postif kurang dari n dan relatif prima dengan n seperti planaritas radius diameter serta derajatnya. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis sifat-sifat beberapa contoh kemudian membuat dugaan lalu membuktikannya. Selain itu juga diperoleh bahwa graf koprima Gamma _U(n) merupakan suatu graf bipartit lengkap dan planar jika dan hanya jika grup G berorder 2 m untuk suatu m isin N.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273002

Actions (login required)

View Item View Item