Herlina, Novi (2022) PENGEMBANGAN KEGIATAN MARKET DAY BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK KARTIKA IV-11 KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran pada anak usia dini memberikan potensi besar pada perkembangannya, didukung oleh lembaga yang harusnya selalu memberikan pembelajaran sesuai dengan zamannya. Ditunjang dari segi tenaga pendidik dan fasilitas yang baik kepada peserta didiknya. Maka dari itu adanya pengembangan tiap kegiatan pembelajaran harus selalu dikembangkan agar tujuan pembelajaran anak dapat tersampaikan secara jelas. TK Kartika IV-1 Kecamatan Singosari ini membuat pengembangan kegiatan belajar melalui kegiatan Market Day berbasis STEAM. Kegiatan Market Day ini adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan di TK Kartika IV-11 Kecamatan Singosari, dimana kegiatan tersebut adalah proses jual beli berupa produk makanan, minuman dan hasil karya yang dibuat langsung oleh peserta didik dengan berbasis STEAM. Kegiatan ini pula dapat memudahkan anak untuk berhitung dan dapat mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan secara nyata lebih tepatnya yaitu lebih menitik beratkan pada aspek kognitifnya. Dari hasil observasi, peneliti mencoba untuk mengembangkan kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang dapat digunakan sebagai kegiatan pembelajaran, dan mampu mengembangkan beberapa aspek dengan maksimal. Uji coba ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui spesifikasi produk kegiatan pembelajaran yang ingin dikembangkan, mengetahui efektifitas, efisien dan kemenarikan serta dampak pengembangan kegiatan pembelajaran terhadap pengembangan aspek kognitif anak pada kelompok B usia 5-6 tahun. Pengembangan dan penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai kegiatan pembelajaran, setelah dilakukan validasi dan uji coba, presentase sebagai berikut: penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran, setelah dilakukan validasi dan uji coba, persentase sebagai berikut: ahli produk 94,64%, ahli materi 98, 07%, dan uji coba lapangan tahap I 63,3%, uji tahap II 75%, dan uji operasional 94%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran ini dapat membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan kognitif anak sehingga kegiatan ini layak digunakan sebagai kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MARKET DAY, STEAM, KOGNITIF. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:36 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2730 |
Actions (login required)
View Item |