Pengembangan media video pembelajaran konduktor dan isolator panas kelas VI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 SDN Tanjungrejo 1 Malang / Anastasia Windarinii - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran konduktor dan isolator panas kelas VI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 SDN Tanjungrejo 1 Malang / Anastasia Windarinii

Windarini, Anastasia (2012) Pengembangan media video pembelajaran konduktor dan isolator panas kelas VI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 SDN Tanjungrejo 1 Malang / Anastasia Windarinii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Video Pembelajaran Konduktor dan Isolator Panas. Media video mempunyai kemampuan untuk memperluas wawasan pengetahuan pemirsa dengan menampilkan informasi dan pengetahuan baru dan pengalaman belajar yang sulit diperoleh secara langsung oleh pemirsa. Penggunaan media video dalam proses belajar akan mampu mengarahkan terjadinya respon tertentu dari pemirsa sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan kepala sekolah dan guru kelas VI SDN Tanjungrejo 1 Malang tanggal 28 April 2011 didapatkan bahwa kebanyakan pembelajaran IPA masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan pemberian LKS (Lembar Kerja Siswa). Di sekolah ini motivasi belajar siswa juga masih tergolong rendah karena kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang diberikan oleh guru sehingga siswa terkadang merasa jenuh dan kurang adanya kenyamanan dalam belajar. Pengembang merasakan perlunya kegiatan belajar yang dapat menarik perhatian siswa memberikan kenyamanan belajar dan membantu agar siswa tidak merasa jenuh di dalam kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes hasil belajar. Media video pembelajaran ini divalidasikan kepada ahli media ahli materi dan siswa/audiens. Hasil persentase validasi ahli media sebesar 97 5% berdasarkan kriteria media video pembelajaran konduktor dan isolator panas termasuk kualifikasi valid sedangkan ahli materi didapatkan skor presentase sebesar 95% berdasarkan kriteria media video pembelajaran konduktor dan isolator panas termasuk kualifikasi valid dari audiens/ siswa satu lawan satu didapatkan skor presentase sebesar 95% berdasarkan kriteria media video pembelajaran konduktor dan isolator panas termasuk kualifikasi valid dari audien/ siswa kelompok kecil didapatkan skor presentase sebesar 99 5% berdasarkan kriteria media video pembelajaran konduktor dan isolator panas termasuk kualifikasi valid. Untuk Tes Hasil Belajar dari 39 siswa 37 siswa telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil persentase untuk tingkat keefektifan penggunaan media video pembelajaran konduktor dan isolator panas ini mencapai 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran konduktor dan isolator panas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item