Algoritma gabungan Adaptive Large Neighborhood Search-tabu Search (ALNS-TS) pada Multiple Depot Vehicle Routing Problem with Time Windows (MDVRPTW) dan implementasinya / Kurrotul 'Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Algoritma gabungan Adaptive Large Neighborhood Search-tabu Search (ALNS-TS) pada Multiple Depot Vehicle Routing Problem with Time Windows (MDVRPTW) dan implementasinya / Kurrotul 'Aini

'Aini, Kurrotul (2023) Algoritma gabungan Adaptive Large Neighborhood Search-tabu Search (ALNS-TS) pada Multiple Depot Vehicle Routing Problem with Time Windows (MDVRPTW) dan implementasinya / Kurrotul 'Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan rute distribusi dapat diselesaikan dengan salah satu teori dalam kajian terapan graph yaitu Multiple Depot Vehicle Routing Problem with Time Window (MDVRPTW) merupakan varian VRP dengan tambahan depot lebih dari satu dan memperhatikan kendala waktu seperti batasan waktu untuk kendaraan dalam melayani customer. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyelesaian permasalahan MDVRPTW menggunakan algoritma gabungan Adaptive Large Neighborhood Search-Tabu Search (ALNS-TS) dan akan dibandingkan dengan beberapa algoritma pembanding yaitu Ant Colony System-Randomized Variable Neighborhood Descent (ACS-RVND) dan Iterated Local Search-Randomized Variable Neighborhood Descent (ILS-RVND) dan permasalahan ini akan di implementasikan dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Algoritma ALNS-TS dibandingkan dengan algoritma ACS-RVND untuk memvalidasi permasalahan dengan Borland Delphi 7.0 dan dibandingkan dengan algoritma ILS-RVND yang merupakan algoritma terbaru yang menghasilkan solusi dengan jarak minimum. Pada algoritma ALNS-TS terdapat tiga langkah yaitu inisialisasi solusi awal menggunakan algoritma ALNS perbaikan solusi dengan algoritma TS dan penerimaan kondisi optimal. Berdasarkan dari data yang telah dikerjakan dan di analisis diperoleh bahwa algoritma ALNS-TS menghasilkan solusi yang sama dengan algoritma ILS-RVND yaitu pada depot 0 sebesar 67 2 km untuk depot 1 sebesar 42 6 km solusi yang dihasilkan pada depot 0 merupakan jarak terpendek dibandingkan dengan algoritma ACS-RVND yaitu 68 km dan depot 1 menghasilkan jarak yang sama dengan algoritma ALNS-TS dan ILS-RVND. Pada implementasi menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 input data yang digunakan adalah jumlah depot input titik jarak permintaan waktu buka waktu tutup service time kapasitas kendaraan kecepatan rata-rata kendaraan waktu pelayanan banyaknya penghapusan parameter dan MaxIt. Output yang dihasilkan berupa rute perjalanan beserta total jarak tempuh dan total waktu tempuh yang merupakan hasil penyelesaian permasalahan dan visualisasi graph hasil penyelesaian. Aplikasi telah diujicobakan menggunakan data simulasi customer yaitu 9 40 100 customer dan dataset dari Cordeau dengan kode pr01 dan pr02. Pada uji dataset pr01 algoritma ALNS-TS menghasilkan solusi lebih baik dari algoritma ILS-RVND yang menghasilkan selisih total jarak tempuh sebesar -0 103%. Pada uji dataset kode pr02 Algoritma ALNS-TS menghasilkan solusi lebih baik dari algoritma ILS-RVND dengan jarak selisih jarak tempuh sebesar -0 209%. Solusi yang dihasilkan telah dibandingkan dengan dataset yang terstandar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:29
Last Modified: 30 Nov 2023 00:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272984

Actions (login required)

View Item View Item