Analisis recognizability desain uang kertas pecahan dua ribu dan dua puluh ribu rupiah emisi 2016 / Tsabita Kholis - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis recognizability desain uang kertas pecahan dua ribu dan dua puluh ribu rupiah emisi 2016 / Tsabita Kholis

Kholis, Tsabita (2022) Analisis recognizability desain uang kertas pecahan dua ribu dan dua puluh ribu rupiah emisi 2016 / Tsabita Kholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar masyarakat Indonesia sulit untuk mengenali uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 20.000 emisi 2016. Penelitian ini bertujuan mengklarifikasi hal tersebut dan menemukan penyebab terjadinya kesulitan dalam proses identifikasi dan pembedaan antara kedua pecahan tersebut pada faktor visualnya. Penelitian ini menggunakan metode Concurrent Mixed Method dengan tipe Transformatif Strategy. Metode kuantitatif pada penelitian ini menggunakan metode survey dan metode penelitian kualitatif pada penelitian ini menggunakan metode analisis visual. Metode pengumpulan data penelitian ini yakni kuesioner pengamatan visual dan wawancara pada Bank Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 295 responden berusia 13-60 tahun pengguna uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 20.000 emisi 2016. Kuesioner mengukur variabel recognizability. Kuesioner didesain menggunakan skala Likert True False-Test tes uraian terbatas dan skala Kategori. Data kualitatif berasal dari pengamatan visual dan wawancara. Hasil analisis kemudian menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 20.000 emisi 2016 sulit dibedakan oleh masyarakat. Warna sebagai faktor paling berpengaruh dalam proses pengenalan kedua pecahan. Hasil analisis visual menunjukan meskipun ada perbedaan pada kedua pecahan namun masyarakat kesulitan dalam membedakan karena tone warna yang mirip postur wajah figur pahlawan yang mirip gestur tubuh tari yang mirip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272975

Actions (login required)

View Item View Item