Perancangan graphic book 'bangtan seonyondan' sebagai bentuk visualisasi intellectual property band / Chintia Ratih D - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan graphic book 'bangtan seonyondan' sebagai bentuk visualisasi intellectual property band / Chintia Ratih D

D, Chintia Ratih D (2022) Perancangan graphic book 'bangtan seonyondan' sebagai bentuk visualisasi intellectual property band / Chintia Ratih D. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perancangan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi remaja terutama para penggemar BTS yang biasa disebut dengan ARMY (Adorable Representative M.C for Youth) berupa informasi kata-kata motivasi dan kalimat-kalimat baik lainnya yang diungkapkan oleh member BTS ( lsquo Bangtan Seonyondan rsquo ) melalui karya visual yaitu Ilustrasi berbasis cat air atau water color serta meningkatkan minat baca dikarenakan efek visual yang dituangkan dalam graphic book yang telah perancang buat. Perancangan media ini juga diharapkan mampu menjadi aset peluang bisnis bagi BTS sekaligus menjadi sarana penunjang penguat brand awareness memorabilia bagi para penikmat musik Pop Korea terutama para ARMY. Perancangan menggunakan model perancangan yang telah dikembangkan dari Bruce Archer. Sedangkan pengumpulan data yang berkaitan dengan Kpop BTS Halyu dan lainnya diperoleh dari berbagai sumber seperti observasi wawancara dan dokumentasi maupun pustaka yang kemudian direduksi hingga menghasilkan sintesis sebagai acuan untuk merancang konsep perancangan graphic book BTS tersebut. Final design perancangan media utama berupa Graphic book berbasis ilustrasi dalam bentuk buku berukuran 12 cm x 17 cm setebal 64 halaman. Sedangkan media pendukung antara lain yaitu poster x-banner dan merchandise yaitu kaus bookmark mug gantungan kunci dan sticker Hasil kesimpulan dari perancangan ini adalah untuk memberikan warna baru untuk para pecinta Kpop terutama ARMY dalam bentuk graphic book berbasis ilustrasi watercolor serta untuk mengembalikan minat baca melalui karya visual yang telah dituangkan dalam graphic book yang perancang buat. Serta perancangan media ini juga diharapkan mampu menjadi aset peluang bisnis bagi BTS sekaligus menjadi sarana penunjang penguat brand awareness memorabilia bagi para penikmat musik Pop Korea terutama para ARMY.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 03:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272972

Actions (login required)

View Item View Item