Perancangan artbook untuk memperkenalkan baju adat Suku Dayak di Kalimantan / Natasya Kamila Nurrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan artbook untuk memperkenalkan baju adat Suku Dayak di Kalimantan / Natasya Kamila Nurrozi

Nurrozi, Natasya Kamila (2022) Perancangan artbook untuk memperkenalkan baju adat Suku Dayak di Kalimantan / Natasya Kamila Nurrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beratus-ratus tahun yang lalu masyarakat Dayak memanfaatkan relasi alam sekitar sebagai bahan dan simbol dalam pembuatan baju tradisional mereka. Perbedaan bentuk pakain serta mitos dan kepercayaan yang terkandung di dalamnya membuat baju adat Dayak unik sehingga keberadaannya perlu untuk tetap dilestarikan khususnya kepada generasi muda. Kurang adanya media pembelajaran yang membahas tentang baju adat suku Dayak di Kalimantan membuat dibutuhkan sebuah inovasi berupa media pembelajaran yang dapat menarik minat anak terhadap pengetahuan mengenai Baju Adat suku Dayak. Dari berbagai jenis media pembelajaran buku merupakan media yang paling dekat dengan anak usia sekolah. Karakteristik anak yang lebih menyukai buku bergambar dengan sedikit tulisan mengarah kepada ciri-ciri perancanan sebuah artbook. Perancangan ini menggunakan metode desain inovasi milik Vijay Kumar yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu Sense Intent Know Context Know People Frame Insights Explore Concepts Frame Solutions dan Realize Offerings dengan menggunakan pendekatan naratif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan studi pustaka. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah artbook berbasis cetak dan ebook yang dapat diakses secara gratis di website trakteer.id. Perancangan artbook ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam pelestarian kebudayaan Indonesia khususnya Baju Adat Suku Dayak di Kalimantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272970

Actions (login required)

View Item View Item