Pengenalan rempah-rempah indonesia berbasis buku ensiklopedia sebagai media edukasi Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengenalan rempah-rempah indonesia berbasis buku ensiklopedia sebagai media edukasi Sekolah Dasar

Rosyadah, Aristawati (2022) Pengenalan rempah-rempah indonesia berbasis buku ensiklopedia sebagai media edukasi Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rempah-rempah memiliki pengaruh penting bagi sejarah bangsa Indonesia mengingat bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia yang menjadi incaran bangsa Eropa pada masa penjajahan dahulu. Berdasarkan sejarah tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa rempah-rempah merupakan salah satu dari sekian banyaknya budaya bangsa Indonesia yang harus tetap diingat dan dilestarikan. Maka dari itu perlu dilakukan pengenalan rempah sejak usia dini sebagai salah satu bentuk cinta pada Tanah Air Indonesia. Pada penelitian ini dilakukan perancangan ensiklopedia pengenalan rempah-rempah indonesia untuk sekolah dasar. Tujuan perancangan ensiklopedia rempah ini adalah untuk mengenalkan berbagai macam rempah umum yang ada di Indonesia disertai karakteristik rempah dan manfaatnya. Metode yang digunakan dalam perancangan ensiklopedia ini menggunakan metode prosedural yang mengacu pada metode perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto dengan tahap pengumpulan data analisis data konsep perancangan dan visualisasi desain. Hasil dari perancangan ini berupa buku ensiklopedia dalam bentuk cetak berukuran 22 x 20cm dan dalam bentuk elektronik berupa e ndash book dengan jumlah halaman 30 halaman yang berisi mengenai informasi karakteristik dan manfaat dari berbagai rempah disertai dengan ilustrasi. Terdapat media pendukung pada perancangan ensiklopedia ini berupa x-banner poster dan infografis disertai dengan promosi buku dan juga aksesoris merchandise berupa stiker dan gantungan kunci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 04:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272952

Actions (login required)

View Item View Item