Pengembangan koleksi Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Nurman Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan koleksi Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Nurman Widodo

Widodo, Nurman (2022) Pengembangan koleksi Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Nurman Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan Samudra Pustaka merupakan perpustakaan desa yang menjadi juara nasional perpustakaan desa pada tahun 2021. Salah satu unsur penilaiannya yaitu koleksi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan kendala dalam kegiatan pengembangan koleksi Perpustakaan Samudra Pustaka dengan merujuk pada teori pengembangan koleksi Edward G. Evans. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara studi dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan yaitu analisis masyarakat dilakukan oleh petugas perpustakaan dengan menerima saran dari pengguna dan mengidentifikasi mata pencaharian masyarakat. Berkaitan dengan kebijakan pengembangan Perpustakaan Samudra Pustaka belum memiliki kebijakan tertulis. Kegiatan seleksi dilakukan dengan menentukan skala prioritas dan tidak menggunakan alat bantu seleksi. Pengadaan koleksi dilakukan dengan cara pembelian sumbangan atau hadiah dan kerjasama. Kegiatan penyiangan dilakukan dengan cara penarikan koleksi yang dianggap sudah tidak layak baca. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan memperhatikan saran dari pengguna terkait dengan koleksi. Sedangkan kendala yang dialami yaitu berkaitan dengan anggaran koleksi yang belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272935

Actions (login required)

View Item View Item